Minggu, 09 Agustus 2009

12. PENYEMBUHAN DAN MUJIZAT

Sebagai seorang remaja, dulu saya sangat dihormati oleh masyarakat sekitar saya karena mampu menghafal Al Quran dan bersekolah di SMA Al Azhar. Akibatnya, banyak orang seringkali memanggil saya untuk bersembahyang bagi teman atau saudara mereka yang sakit.
Ketika saya mengunjungi seseorang yang sakit, hal pertama yang saya lakukan adalah duduk di sebelahnya dan membacakan ayat-ayat Al Quran. Saya selalu membacakan ayat yang paling terkenal untuk menyembuhkan penyakit:

“Jika Allah menimpakan suatu kemudaratan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya.”
--- Surat 10:107 ---

Dengan membacakan ayat dari Al Quran, saya berharap untuk mendapat perhatian dari Allah. Setelah itu baru saya berdoa, “Ya Allah, hambamu sedang sakit. Penyakit ini datangnya daripadamu, tetapi kesembuhan juga berasal darimu. Karena itu, kami memohon belas kasihan-Mu.”
Saya selalu merasa tidak nyaman dengan melakukan ini. Saya merasa Tuhan sangat jauh, dan saya tidak tahu apakah ia akan memperhatikan saya atau tidak. Setelah itu, Al Quran mengatakan bahwa tidak ada satu orangpun yang berhak untuk ikut campur merubah maksud Allah.
Muhammad sendiri berkata bahwa ia tidak mampu mempengaruhi Allah atas namanya:

“Katakanlah (ya Muhammad): Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudaratan kecuali yang dikehendaki Allah.”
--- Surat 10:49 (Lihat juga Surat 7:188) ---

Jadi saya membiarkan pasien itu setiap waktu tanpa kepastian apakah Allah akan memperhatikan doa saya. Tetapi saya telah melakukan apa yang Allah ijinkan untuk saya lakukan.
Penyembuhan dan mujizat adalah wilayah di mana perbedaan antara Yesus dan Muhammad terlihat sangat mencolok. Sebelum memulai perbandingan antara Yesus dan Muhammad, saya dengan senang hati akan menjelaskan mengapa topik ini menjadi wilayah yang sering diperdebatkan di kalangan umat Islam.

PERDEBATAN ANTARA MUHAMMAD DAN MUJIZAT
Apakah Muhammad melakukan mujizat dan kesembuhan masih menjadi topik yang diperdebatkan di kalangan umat Islam. Umat Islam mengakui bahwa Yesus melakukan mujizat (seperti yang didukung oleh Al Quran), tetapi tidak semua orang setuju bahwa Muhammad melakukan mujizat. Hal ini karena adanya pertentangan di antara Al Quran dan Hadits (catatan tentang ajaran dan perbuatan Muhammad). Ingatlah bahwa Muhammad memiliki pengetahuan secara langsung tentang apa yang terdapat di dalam Al Quran karena Al Quran dibuat berdasarkan pewahyuan yang menurut Muhammad langsung berasal dari malaikat Gabriel. Namun, Muhammad tidak memiliki kontrol terhadap hadits. Para pengikutnya bisa menceritakan apa saja yang mereka inginkan, entah itu benar atau salah, dan Muhammad tidak bisa mengontrol hal itu.
Al Quran mengatakan Muhammad tidak wajib melakukan tanda-tanda untuk menunjukkan bahwa ia adalah seorang nabi. Sebagai gantinya, Al Quranlah yang menjadi tanda terbesar dari kenabian Muhammad. Muhammad berkata kepada orang-orang:

“Sesungguhnya mujizat-mujizat itu terserah pada Allah. Dan sesungguhnya aku hanya pemberi peringatan. Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasanya Kami telah menurunkan kepadamu al-Kitab (Al Quran) yang dibacakan kepada mereka.”
--- Surat 29:50-51 ---

Dengan kata lain, Muhammad berkata, “Aku adalah nabi. Jangan bertanya tentang tanda-tanda. Hanya Allah yang melakukan mujizat.” Wahyu ini menyimpulkan, “Cukuplah Al Quran menjadi tanda bagimu!”
Semua umat Islam setuju bahwa Al Quran adalah mujizat terbesar yang diberikan kepada manusia. Al Quran menyatakan bahwa tidak ada manusia atau roh yang dapat menciptakan buku serupa itu.

“Katakanlah, “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian dari mereka membantu satu sama lain.”
--- Surat 17:88 ---
“Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah.”
--- Surat 59:21 ---

Itu sebabnya mengapa catatan tentang perbuatan ajaib di dalam hadits menimbulkan kecurigaan terkait dengan kebenaran cerita itu. Beberapa ahli agama Islam percaya bahwa sebagian besar mujizat itu diceritakan oleh para pengikut Muhammad setelah ia meninggal untuk meyakinkan orang-orang bahwa Muhammad adalah benar-benar seorang nabi. Sebagian umat Islam lainnya, meyakini bahwa perbuatan mujizat itu benar-benar terjadi. Ketika saya masih kecil, saya mempercayai cerita-cerita yang saya pikirkan. Tapi kami tidak terlalu memikirkan hal itu. Topik ini tidak ditekankan dalam ajaran Islam.
Dengan pemahaman ini, mari kita bandingkan catatan Yesus dan Muhammad tentang perbuatan mujizat. Untuk memperjelas hal ini, kami akan membagi mujizat-mujizat ini ke dalam tiga kategori, yaitu: menyembuhkan orang sakit, mengusir setan keluar, dan mujizat atau alam. Pada akhirnya, kita akan melihat apakah Yesus atau Muhammad memperlengkapi pengikut mereka untuk melakukan penyembuhan atau mujizat.


KESEMBUHAN PENYAKIT FISIK
Muhammad
Bahkan di dalam Hadits, hampir tidak ada kisah tentang Muhammad berdoa untuk orang-orang agar mereka disembuhkan dari penyakit fisik. Saya memperhatikan hanya ada dua kisah seperti di bawah ini.
Muhammad dan Abu Bakar bersembunyi di dalam gua selama pelarian mereka dari Mekah ke Medinah (hijrah yang kedua). Seorang sejarawan mengatakan bahwa saat itu Abu Bakar digigit ular beracun dan mulai menderita kesakitan akibat racun ular itu. Muhammad berkata, “Jangan sedih, Abu Bakar, karena Allah bersama kita.” Kemudian Abu Bakar menjadi sehat kembali. Ini adalah kisah yang sangat popular di antara umat Islam dan sering dipakai dalam ceramah, terutama dalam peringatan perayaan tahun hijrah setiap tahunnya. Kisah ini diceritakan oleh Umar ibn al-Khattib setelah mendengar cerita dari Abu Bakar. Namun, sejarawan Ibn Kathir mengatakan bahwa hadits ini tidak diketahuinya dan ia mempertanyakan kebenarannya.

Ibn Kathir juga menyebutkan perbedaan versi dari kisah ini. Dalam cerita di atas, Abu Bakar dikatakan sedang bersama utusan Allah di dalam gua, dan tangan Abu Bakar terluka karena terantuk batu. Muhammad tidak berusaha untuk mendoakannya atau menyentuh tangannya agar sembuh, tetapi Abu Bakar menciptakan sebuah puisi Arab, yang diarahkan ke jarinya. “Kamu hanyalah jari, kamu hanyalah jari yang berdarah, dan darah ini terjadi karena Allah.” Ibn Kathir menyangkal bahwa luka di atas adalah akibat gigitan ular, meski demikian ia mengakui bahwa benar jari Abu Bakar terluka. Namun berbeda dengan sejarawan tersebut, kebanyakan umat Islam mempercayai bahwa luka itu disebabkan oleh ular.

Contoh kedua berasal dari hadits yang diceritakan oleh Aisah, isteri kedua Muhammad. Ia berkata bahwa Muhammad biasa berdoa untuk menyembuhkan isteri-isterinya dan orang-orang Islam yang sedang sakit, dengan cara menyentuh mereka dengan tangan kanannya sembari berdoa. Namun, Aisah adalah satu-satunya orang yang menceritakan Muhammad seperti ini. Jika Muhammad biasa berdoa bagi orang-orang Islam yang sakit, maka seharusnya para pengikut yang lain juga akan menceritakan hal yang sama. Tetapi, tidak ada cerita tentang orang-orang yang disembuhkan setelah Muhammad berdoa.

Bahkan jika kita menemukan cerita tentang penyembuhan ini di dalam hadits, maka kisah itu akan bertentangan dengan ajaran di dalam Al Quran, yang mengatakan bahwa Muhammad tidak melakukan perbuatan mujizat. Jika hadits bertentangan dengan Al Quran, maka hadits seharusnya ditolak.
Komentar Aisah ini jarang dikhotbahkan karena penyembuhan bukanlah subyek yang sering dibicarakan oleh para imam. Penyembuhan bukanlah bagian penting di dalam Islam.

Bukannya memberikan contoh bagaimana Alah melakukan penyembuhan, sejarah Islam malah lebih banyak menunjukkan beberapa contoh bahwa ketika penyembuhan dibutuhkan, hal itu tidak terjadi.

Ketika umat Islam pertama kali tiba di Madinah, banyak di antara mereka yang sakit dan menjadi tidak sadar akibat demam tinggi, meski Muhammad tidak menjadi sakit. Tidak ada catatan bahwa ia berdoa untuk penyembuhan, tetapi ketika ia melihat beberapa orang Islam sedang berdoa sambil duduk, ia berkata kepada mereka, “Ketahuilah, bahwa doa yang dilakukan sambil duduk hanya bernilai setengah dari doa yang dilakukan sambil berdiri.” Para sejarawan menyimpulkan, “Oleh karena itu, umat Islam yang sedang bergumul dengan rasa sakit mencoba berdiri di dalam kelemahan dan kesakitan mereka, untuk mencari berkat.”

Muhammad hanya memiliki dua orang anak laki-laki (Al Kasim dan Ibrahim), dan keduanya meninggal dunia ketika mereka masih anak-anak. Hadits mencatat tentang kematian Ibrahim:

“Kami pergi bersama rasul Allah kepada Abu Saif, dan ia adalah suami dari pengasuh Ibrahim (anak nabi).” Utusan Allah mengambil Ibrahim, dan menciumnya, dan membaui ia, dan tidak lama kemudian kami masuk ke rumah Abu Saif, dan pada saat itu, Ibrahim menghembuskan nafas terakhirnya dan mata utusan Allah mulai berlinangkan air mata. Abdur Rahman bin Auf berkata, “Wahai Rasul Allah, bahkan engkau pun menangis!” Ia menjawab, “Ya Ibn Auf, ini adalah belas kasihan.” Kemudian ia menghapus air matanya dan berkata lagi, “Mataku mengeluarkan air mata, dan hatiku sedih, tetapi kami tidak akan berkata apapun selain hal-hal yang menyenangkan Tuhan. Ya Ibrahim! Sesungguhnya hati kami sedih karena kepergianmu.”

Jika Muhammad dapat berdoa untuk menyembuhkan orang sakit, saya yakin ia sudah akan melakukan sesuatu untuk mencegah anaknya supaya tidak sampai meninggal dunia.
Jadi catatan dari kisah ini sederhana, “mendoakan orang sakit bukanlah bagian dalam kehidupan Muhammad. Kemungkinan ia tidak pernah berdoa untuk penyembuhan.”

Yesus
Jika Anda membaca kitab Injil, Anda akanmelihat ada banyak contoh tentang kesembuhan fisik yang dilakukan oleh Yesus. Contoh-contoh itu antara lain:
• Anak seorang perwira yang hampir meninggal (Yohanes 4:48-52)
• Ibu mertua Petrus yang sedang demam (Matius 8:14-15; Markus 1:29-31; Lukas 4:38-39)
• Seorang yang sakit kusta (Penyakit kulit ini seringkali menimbulkan akibat yang fatal) (Matius 8:1-4;
Markus 1:40-45; Lukas 5:12-19; 17:11-19)
• Orang yang lumpuh (Matius 9:1-8; Markus 2:1-12; Lukas 5:18-26)
• Orang lumpuh di kolam Betesda (Yohanes 5:1-15)
• Orang yang lumpuh tangan (Matius 12:9-13; Markus 3:1-6; Lukas 6:6-11)
• Pembantu tentara Romawi yang sedang sakit (Matius 8:5-13; Lukas 7:2-10)
• Membangkitkan anak seorang janda yang telah meninggal (Lukas 7:11-17)
• Membangkitkan anak perempuan seorang pemimpin dari kematian (Matius 9:18-26; Markus 5:21-43; Lukas 8:40-56)
• Perempuan yang mengalami pendarahan (Matous 9:20-22; Markus 5:24-34; Lukas 8:43-48)
• Orang buta (Matius 9:32-34; 20:29-34; Markus 8:22-25; 10:46-52; Yohanes 9:1-38; 18:35-43)
• Seorang yang bisu tuli (Markus 7:31-37)
• Perempuan yang bungkuk dan tidak dapat berdiri tegak (Lukas 13:10-17)
• Seorang dengan penyakit busung air (atau edema) (Lukas 14:1-6)
• Membangkitkan temannya, Lazarus yang telah meninggal untuk keluar dari kuburnya (Yohanes 11:1-44)
• Memperbaiki telinga dari salah seorang pembantu Imam besar setelah Petrus memotongnya dengan pedang (Lukas
22:49-51)

Mengenai penyembuhan ini, dapat kita lihat beberapa perbandingan ironis antara Yesus dan Muhammad. Sebagai contoh, Muhammad tidak menyembuhkan para pengikutnya yang menderita deman tetapi Injil secara spesifik menyebutkan Yesus menyembuhkan demam dua orang – ibu mertua Petrus (Markus 1:29-31) dan anak seorang pegawai istana (Yohanes 4:48-52). Dan juga, sementara Muhammad tidak dapat menyelematkan nyawa kedua anak lelakinya, Yesus justru membangkitkan dua orang anak dari kematian, anak seorang pejabat tinggi dan anak seorang janda. Yesus juga menyembuhkan seorang anak laki-laki yang hampir mati di Kapernaum hanya dengan berkata kepada ayahnya, “Anakmu hidup” (Yohanes 4:50).
Pada bagian ini, kita telah mengetahui bahwa kesembuhan merupakan peranan penting dalam kehidupan Yesus namun sedikit atau bahkan tidak ada di dalam kehidupan Muhammad. Sekarang mari kita lihat apa yang Yesus dan Muhammad pikiran tentang maksud dari kesembuhan dan penyebab sakit penyakit.


PENYEMBUHAN PENYAKIT FISIK
Muhammad
Saya tahu tidak ada ajaran Muhammad tentang maksud dari kesembuhan. Meski demikian ia melakukannya, mengajar tentang sumber-sumber penyakit. Mari kita lihat kembali pada ayat yang saya kutip untuk orang-orang yang sedang sakit.

“Jika Allah menimpakan suatu kemudaratan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya.”
--- Surat 10:107 ---

Muhammad berpikir bahwa penyakit itu berasal dari Allah, jadi umat Islam percaya bahwa ketika seseorang sakit, pasti ada alasan di belakang itu. Mungkin saja, orang itu melakukan suatu kesalahan atau berbuat dosa menentang Allah, jadi Allah memberinya penyakit untuk menyucikan ia dari perbuatan salahnya. Umat Islam percaya bahwa penyucian ini akan menempatkan sesorang pada posisi yang lebih baik di hadapan Allah pada hari penghakiman.
Ayat ini juga mengatakan bahwa Allah adalah satu-satunya pribadi yang dapat menghilangkan penyakit. Ajaran ni membuat saya sebagai umat Islam frustasi. Saya bingung, ”Jika Anda sakit dan berdoa minta tolong kepada Allah, apa yang Anda harapkan? Jika Allah yang mengirimkan penyakit, bagaimana Anda meyakinkannya untuk menariknya kembali?”

Yesus
Yesus berkata bahwa penyembuhan dan mujizat yang ia lakukan merupakan tanda bagi orang-orang bahwa ia benar-benar berasal dari Tuhan.

“Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus, lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?" Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.”
--- Matius 11:2-5 ---

Sama seperti yang Yesus katakan kepada orang-orang Yahudi:

“Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami." Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,”
--- Yohanes 10:24-25 ---
¬¬¬
Kitab Injil juga mengatakan bahwa Yesus termotivasi oleh belas kasihan untuk menyembuhkan orang-orang yang tenderita

“Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.”
--- Matius 14:14 ---
Lihat juga Matius 20:34; Markus 1:41

Belas kasihan Yesus bagi orang-orang sakit terlihat dalam pengajarannya tentang penyebab penyakit. Kita dapat mengetahui sudut pandang Yesus melalui berbagai komentar yang dibuatnya ketika menyembuhkan orang-orang sakit. Ia berkata:
1. Sakit penyakit dapat merupakan akibat dosa.
“Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Tuhan lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk."”
--- Yohanes 5:14 ---

2. Sakit penyakit bisa saja terjadi tanpa sebuah kesalahan.
Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya. Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?" Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Tuhan harus dinyatakan di dalam dia.
--- Yohanes 9:1-3 ---

3. Sakit penyakit dapat disebabkan oleh kuasa setan.
“Kemudian dibawalah kepada Yesus seorang yang kerasukan setan. Orang itu buta dan bisu, lalu Yesus menyembuhkannya, sehingga si bisu itu berkata-kata dan melihat. ”
--- Matius 12:22 ---
Lihat juga Matius 9:32-34; Markus 7:31-37

Kita telah mengetahui tentang kesembuhan penyakit fisik, sekarang mari kita lihat kesembuhan secara spiritual – dengan cara mengusir setan.

PENYEMBUHAN PENYAKIT FISIK
Baik Muhammad maupun Yesus, sama-sama berbicara tentang setan dalam ajaran mereka. Masalah yang ingin saya bicarakan di sini adalah apa yang dilakukan oleh setiap orang yang datang kepada mereka untuk meminta pertolongan mengusir setan.

Muhammad
Namun demikian, Muhammad tidak mengetahui bagaimana mengusir setan. Bahkan Al Quran mengatakan bahwa jin (atau setan) datang untuk mendengar Muhammad mengutpip Al Quran:

“Katakanlah (ya Muhammad): “Telah disampaikan kepadaku bahwa sekelompok jin (berjumlah antara tiga sampai sepuluh) telah mendengarkan (al Quran ini). Lalu mereka berkata, “Sungguh, kami telah mendengar kutipan (al Quran) yang menakjubkan.”
--- Surat 72:1 ---

Surat ini menyatakan bahwa beberapa dari jin itu menerima Islam dan menjadi Muslim (Surat 72:14). Ketika Muhammad berdoa, mereka mengerumuninya untuk mendengarkannya (Surat 72:19).
Jadi hubungan Muhammad dengan para setan sangat berbeda dengan Yesus!
Namun, kami mempunyai sebuah contoh tentang seorang wanita yang datang kepada Muhammad dan meminta tolong kepadanya karena ia merasa dirinya telah diserang oleh setan.

“Seorang perempuan muslim datang kepadanya dan bertanya, “Setan-setan ini merasuki, menyakiti, dan menyiksaku.” Muhammad menjawab, “Jika engkau bersabar ketika menghadapinya, maka engkau akan berada di hadapan Allah pada Hari Penghakiman dan terbebas dari segala dosa, dan tidak akan ada penghakiman ke atasmu. Ia berkata, “Aku bersumpah demi nama dia yang mengutusmu bahwa aku akan bersabar sampai aku bertemu dengan Allah, tetapi aku takut setan ini akan datang dan membuatku membuka pakaianku (di depan orang banyak)” (dan aku akan berdosa). Kemudian Muhammad menjawabnya, “Setiap saat engkau merasakan setan di dalam dirimu, engkau harus pergi ke Ka’abah dan membungkus dirimu dengan kain-kain yang dihamparkan di depan Batu Hitam” Kemudian Muhammad mendoakan perempuan itu.”

Mari pikirkan apa yang Muhammad tawarkan kepada perempuan ini. Ia tidak mengusir setan itu dari dalam dirinya. Malah sebaliknya, ia menyuruh perempuan itu untuk bertahan dan berkata bahwa perempuan itu akan mendapatkan kelepasan apabila ia pergi ke Batu Hitam di Ka’abah.
Saran Muhammad sesungguhnya sangat bertentangan dengan ajaran dalam Al Quran, yang berkata:

“Dan jika kamu ditimpa suatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”
--- Surat 7:200 ---

Dari sini dapat kita simpulkan dengan mudah, bahwa Muhammad tidak menampilkan dirinya sebagai seseorang yang dapat mengusir setan.

Yesus
Ketika Yesus bertemu dengan seseorang yang terikat dengan kuasa setan, ia berkata kepada setan tersebut untuk meninggalkan tubuh orang itu. Sebuah contoh yang menarik adalah ketika dua orang gila bertemu dengan Yesus ketika mereka mengembara di kuburan di daerah Gadara. Mereka sangat kuat, sehingga orang-orang takut untuk melewati daerah itu. Setan-setan yang merasuk di dalam tubuh kedua orang itu memohon kepada Yesus, “Jika Engkau mengusir kami keluar, suruhlah kami pindah ke kawanan babi di sana.” Lalu Yesus berkata kepada mereka, “Pergilah!” dan setan-setan itupun keluar dari tubuh kedua orang itu (Matius 8:28-34).
Contoh-contoh lain tentang Yesus mengusir setan keluar adalah:
• Orang di sinagog (Markus 1:23-28; Lukas 4:33-37)
• Orang yang buta dan bisu (Matius 12:22)
• Orang yang bisu (Matius 9:32-34)
• Anak perempuan dari perempuan Kanaan (Matius15:21-28; Markus 7:24-30)
• Seorang anak laki-laki yang menderita kejang (Matius 17:14-21; Markus 9:14-30; Lukas 9:37-43)
Sebagai tambahan dari cerita-cerita di atas, Injil seringkali menyebutkan secara umum bahwa Yesus mengusir setan keluar ketika orang-orang datang kepadanya untuk meminta pertolongan (Matius 4:24; 8;16; Markus 1:34, 39). Yesus berkata bahwa mengusir keluar setan itu hanya bisa dilakukan oleh kuasa Tuhan (Lukas 11:14-28).
Sekarang mari kita masuk ke dalam satu wilayah yang menunjukkan perdebatan terhadap Muhammad – mujizat.

MUJIZAT
Muhammad
Kita telah mengetahui bahwa Muhammad tidak tahu bagaimana caranya berdoa bagi kesembuhan fisik, ataupun mengusir keluar setan. Lalu apakah dia tahu tentang bagaimana melakukan mujizat?
Seperti yang telah saya sebutkan pada bagian awal bab ini, mujizat masih menjadi perdebatan di antara umat Islam. Sebagian umat Islam melihat Al Qur’an sebagai mujizat terbesar. Selain itu, mujizat tidak memiliki peranan apa-apa dalam kisah hidup Muhammad. Dengan kata lain, mujizat tidak digambarkan dapat menarik orang banyak datang kepada Muhammad. Mereka tidak memiliki pengaruh besar terhadap bagaimana orang-orang memperlakukannya atau bagaimana ia menyampaikan pesannya.
Dengan latar belakang ini, mari kita lihat referensi kemungkinan mujizat yang dilakukan oleh Muhammad.
Sebuah kisah yang terkenal adalah “membelah bulan,” digambarkan dalam hadits berikut ini:
“Orang-orang Mekah bertanya kepada Rasul untuk menunjukkan kepada mereka sebuah tanda (mujizat). Kemudian ia menunjukkan kepada mereka (mujizat) tentang menembus bulan.”

Al Qur’an membuat referensi ini ke dalam Surat 54:1:

“Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan.”

Banyak umat Islam percaya bahwa bulan terbelah menjadi dua dan muncul menjadi dua bagian di langit. Peristiwa ini diduga terjadi di Mekah kurang-lebih lima tahun sebelum hijrah. Namun, tidak ada referensi yang tentang mujizat ini ketika Muhammad ditantang untuk melakukan sebuah tanda. Ini adalah masalah yang belum terpecahkan.
Beberapa contoh mujizat lainnya yang terdapat hanya di dalam Hadits dan tidak disebutkan dalam Al Qur’an, antara lain:
• Memperbanyak uang untuk membayar hutang
• Memperbanyak air:
- dari tempat minum
- di dalam sumur
- dari dua kantong air yang dipinjam dari seorang perempuan yang sedang mengendarai unta
• Menurunkan hujan pada musim kering di Medinah
• Terang menerangi dua pengikut Muhammad yang berjalan di dalam kegelapan
• Pohon palem menangis setelah Muhammad pergi
• Tanah menelan sekelompok orang Kristen yang berbohong
• Serigala berbicara dan mengundang seorang manusia untuk menerima Islam
• Perjalanan Muhammad di malam hari di mana ia menceritakan bahwa dirinya terbang dari Mekah ke Yerusalem lalu melihat surga dan neraka.

Yesus
Ketika Yesus menjadi terkenal karena penyembuhan yang ia lakukan, ia juga dicari orang karena berbagai mujizat yang ia lakukan. Contoh yang menarik adalah ketika lima ribu orang laki-laki pergi ke bukit untuk mendengarkan ajarannya, dan menunggu sedemikian lama sehingga mereka menjadi lapar. Para murid ingin memulangkan mereka, tetapi ketika Yesus mendapatkan lima potong roti dan dua ekor ikan, ia memerintahkan para murid untuk memberi mereka makan. Mujizatnya adalah bahwa dari sejumlah kecil roti dan ikan dapat memberi makan semua orang. Dan selanjutnya Yesus dicari oleh banyak orang yang mengingatnya mampu menggandakan makanan (Yohanes 6:1-27).
Beberapa contoh lainnya yang menunjukan mujizat yang dilakukan oleh Yesus, antara lain:
• Mengubah air menjadi anggur dalam sebuah acara pernikahan (Yohanes 2:1-11)
• Menangkap ikan dalam jumlah banyak (Lukas 5:1-11; Yohanes 21:1-14)
• Meredakan badai ketika ia dan murid-muridnya menyeberang danau (Matius 8:23-27; Markus 4:35-41; Lukas 8:22-
25)
• Memberi makan orang banyak dengan makanan yang jumlahnya sedikit (Matius 14:13-21; 15:32-38; Markus 6:34-44
; 8:1-9; Lukas 9:12-17; Yohanes 6:1-15)
• Berjalan di atas air sementara sedang terjadi badai (Matius 14:22-33; Markus 6:45-52; Yohanes 6:16-21)
• Menemukan uang untuk membayar pajak di dalam mulut ikan (Matius 17:24-28)
• Membuat pohon ara menjadi kering (Matius 21:18-22; Markus 11:20-25)

Ada beberapa mujizat dilakukan di depan orang banyak (mujizat di acara pernikahan dan pelipatgandaan makanan), tetapi ada juga yang hanya dilihat oleh murid-murid terdekatnya.
Jadi, tampaknya ada beberapa mujizat yang dilakukan baik oleh Muhammad maupun oleh Yesus. Tetapi, apa yang menjadi alasan dari diadakannya mujizat-mujizat ini?

Alasan Muhammad Melakukan Mujizat
Beberapa orang mengatakan mujizatnya adalah tanda kerasulan Muhammad, tetapi Al Qur’an menyatakan bahwa wahyu kepada Muhammad adalah satu-satunya tanda yang diberikan kepadanya. Hal inilah yang menjadi pokok perdebatan.

Alasan Yesus Melakukan Mujizat
Yesus melakukan mujizat sebagai tanda bahwa Ia adalah Tuhan, terutama bagi para pengikutnya. Sebagai contoh, mujizat pertama yang dilakukan oleh Yesus adalah mengubah air menjadi anggur di sebuah acara pernikahan. Hal ini merupakan pertunjukkan kuasa yang efektif bagi para pengikutnya yang baru.
Yesus juga menunjukkan belas kasihan melalui mujizat yang ia lakukan, terutama ketika memperbanyak makanan bagi orang banyak.

“Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan.”
--- Matius 15:32 ---


PENYEMBUHAN DAN MUJIZAT OLEH PARA MURID
Bagian akhir dari bab ini akan meliuhat pada apakah Yesus dan Muhammad mengajarkan murid-muridnya untuk mempraktekkan penyembuhan dan mujizat.

Muhammad
Muhammad tidak mengajarkan para muridnya berdoa untuk penyembuhan atau mujizat. Tidak ada hadits yang menyatakan Muhammad berkata, “Jika salah seorang saudara atau anak-anakmu sakit, berdoalah dan mintalah kesembuhan dari Allah”. Tidak ada catatan dalam sejarah Islam bahwa para pengikut Muhammad melakukan penyembuhan atau mujizat. Hal ini bukanlah metode bagi merea untuk menyebarkan agama Islam. Sebaliknya, setelah kematian Muhammad, mereka tetap mengorganisir anggotanya secara militer dan terus menyebarkan agama Islam melalui jihad.

Yesus
Yesus mengharapkan murid-muridnya untuk melakukan penyembuhan dan mujizat yang sama seperti yang ia lakukan bahkan lebih lagi.
“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa.”
--- Yohanes 14:12 ---

Ketika Yesus mengirim para muridnya untuk berkhotbah, ia berkata kepada mereka:
“Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
--- Matius 10:8; lihat juga Markus 3:15; Lukas 10:9 ---

Pertanyaannya adalah, “Apakah para murid juga dapat menyembuhkan dan mengusir keluar setan seperti yang dilakukan oleh Yesus?” Jawabannya adalah “Ya”.

“Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.”
--- Markus 6:12-13 ---

“Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu."”
--- Lukas 10:17 ---

Perjanjan Baru menjelaskan bahwa setelah kematian dan kebangkitan Yesus, para pengikutnya juga melakukan “berbagai perbuatan heran dan tanda-tanda mujizat.” (Kisah Para Rasul 2:43; lihat juga Roma 15:19). Sebagai contoh:
• Menyembuhkan orang lumpuh sejak lahir (Kisah Para Rasul 3:1-10; 14:8-10)
• Sepasang suami isteri yang langsung jatuh meninggal karena berbohong (Kisah Para Rasul 5:1-11)
• Para murid dibebaskan dari penjara oleh malaikat (Kisah Para Rasul 5:19-20)
• Roh jahat keluar; orang lumpuh dan timpang disembuhkan (Kisah Para Rasul 8:6-13)
• Orang lumpuh disembuhkan (Kisah Para Rasul 9:32-35)
• Seorang perempuan dibangkitkan dari kematian (Kisah Para Rasul 9:36-41)
• Nabi palsu dibutakan (Kisah Para Rasul 13:8-11)
• Seorang anak muda dibangkitkan setelah meninggal karena terjatuh (Kisah Para Rasul 20:9-12)
• Tidak terluka setelah digigit ular berbisa (Kisah Para Rasul 28:3-5)
Orang banyak tertarik untuk datang kepada para murid dan pesan yang mereka sampaikan karena mujizat dan kesembuhan-kesembuhan, sama seperti mereka tertarik kepada Yesus.

KESIMPULAN
Penyembuhan dan mujizat membantu kita untuk melihat lebih banyak lagi perbedaan antara Yesus dan Muhammad. Kegiatan Yesus di depan orang banyak ditandai oleh penyembuhan, mengusir setan dan melakukan berbagai mujizat. Setelah kematian dan kebangkitannya, para pengikutnya juga menarik orang banyak mendengarkan pesarn mereka melalui penyembuhan, mengusir setan dan mujizat-mujizat.
Sebaliknya, sejarah Islam mencatat hanya sedikit kisah tentang mujizat yang dikaitkan dengan Muhammad dan hampir tidak ada kisa cerita tentang penyembuhan atau mengusir setan.
Penyembuhan merupakan cara efektif yang dilakukan oleh Yesus dalam menyebarkan pesannya, sekarang mari kita kembali melihat cara yang paling efektif bagi Muhammad dalam menyebarkan pesannya – yaitu melalui jihad atau perang suci.

81 komentar:

  1. kayaknya penulis memang nasrani tulen..., orang yang tidak bisa melihat kebenaran dalam ajaran agama lain berarti dia terlalu buta untuk melihat kebenaran hakiki dari agama yang dianutnya.....!!, wassalam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukalah hati anda untuk dapat melihat secara rohani,bukan dengan akal atau logika anda,,sudah anda dengar dan mungkin anda saksikan akan kuasa Yesus,didalam alcura pun ditulis bhw yesus punya kuasa,tdk sprt dng nabi anda tdk dpt melakukan mijizat apapun,kiranya Yesus menjamah sodara.

      Hapus
    2. Amen Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia.

      Hapus
    3. Amen Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia.

      Hapus
    4. Mbaknya bilang Tuham masnusia to? Berati mbake setuju yen semua agama ii jane sama to? Haaayoo ngaku!? Ngaku kan? Wis ketok banget mbak dalam lubuk hati embak, terpampang nyatau berkialauan bagai cideramata cinderela tralalala, uuuulalala, cetar bagai bom halilintar membahana di buana raya indonesia jaya, asia tenggara, wkwkwkkw :'V Lha kan nek agama2 kan nalarnya tuhannya kan satu to mbak masak ngejek2 opp gak secara langsung ngejek tuhan yang sama? Ya walaupun mungkin identitas asli ketuhanan tuhan yang maha esa sama beberapa agama jadi agak ngeblur eta mah ya mbak! Iihhh gemes pisan mah abdi marang begituan. Ya sudah namanya manusia banyak salahnya juga waktu itu orangnya ada yang nomaden juga kan? Orang tanahmya luas banget ya suka2. Sama kan suku bangsanya mencar2 lintas benua internasional mbak, kan yo nabi2 nya harus sesuai tiap2 umat dong..., awal2nya...masak saru nabi suruh lintas benua terus ya capek.. Dana dari mana mbak? Kayak show artis aja mbak sampe libtas benua pake jet pesawat!? Wkwkwk makanya mbak diresapi dulu sebelum komen... Dengan hati dan pikiran yang jernih mbak... Gitu nggih? Engghih mah ayana! Kalo mbak mau megang agama apapun mbak suka monggo kok silahkan yang penting saya dah cerita bahwa agama yang paling benar menurut saya adalah islam dari ajaran yang sama seperti abraham. 3 agama abrahamis mbak nya tahu to? Apa malah tempe karena gak tahu? Makanya kulakan dulu mbak biar tahu.... Wkwkwk kan dosa tiap orang dipikul dewe2 to mbake, nek bareng2 yo ndak kuwat pingsan nanti eta mah. Geulis mati mah eta, tambah cepet sakit eta mah! Makanya mbak sering2 baca kisah nabi dan para istrinya kan pakaiannya juga sopan, tertawa gak terbahak-bahak, diberkahi, enak kan? Wkwkw makanya jalannya masih panjang harus dimulai dari sekarang mbak... Biar gak numpuk PR :plak:. Nggih samoun matur nuwun....

      Hapus
    5. Buatvmas jesus follower, kan setiap nabia ada mukjizatnya mas. Nabi kami mukjizatnya sih banyak cuman gak diizinkan belah lautan. Yesus juga gak bisa belah lautan kan mas? Musa bisa? Buat istana yang memerintah bala tentara jin bisa? Solomob bisa. Terus... Melawab goliath sama buat baju besi pake tangan bisa gak? David bisa lho mas. Keren2 kan! Semuanya itu keren mas dan gak boleh dibanding bandingin,.. Wkwwkk, terutama satu2nya kuta yang lebih dati puluhan orornag atau lebih berapa lah gak ngetung mas kebanyakan, pada bisa hapal satu kitab penuh dalam bahasa lain yang dia belum,tentu l
      paham selain Al-Qur'an nur karim ada gak mas? Yahudi aja gak hapal kok Torah. Mau tambah Talmud, hukum lisan, aturan imam, tradisi, blablablabla, blablablabla,blablablabla, wkwkwk makanya mas jangan pesimis to jadi orang. Sing optimis gitu lho jadi orang. Semangat! Ceria selalu biar tambah diberkahi. Wkwkwk :v

      Hapus
  2. Sekedar saran : setiap orang yang sungguh2 mau mencari kebenaran...tentu akan melihat secara jujur apa adanya...demi keselamatan jiwa kita masing2 (dan agar terhindar dari api neraka, karena tidak mau jujur )...lebih baik secara jantan/berani menerima fakta bahwa Yesus/Yeshua lebih unggul daripada Mohammad....dan terimalah Surga melalui satu-satunya jalan : Yeshua Hamashiah/ Yesus Kristus/Isa Almasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sik mas maaf ya, utusan itu gak ada yang lebih unggul lho mas. Tiap2 nabi dan rasul itu gak boleh dibeda2 in walau beda jaman. Masak hamba dari satu tuan diunggul-unggulkan trus sama fans nya masing2 kayak diadu padahal mereka disana santai2 aja malah sebagau saudara seiman satu tuan. Ya to? Apa gak aneh coba? Wkwkwk Yael ini lelah ya? Makanya Ya El! Ya Tuhan! Lelah makanya harus menyeru terus. Wkwkw :v gpp kok memang hidup di dunia itu lelah ya banyak kebutuhan yg harus dipenuhi. It's okay no,problesimo! Terus kalau satu2nya jalan selamat dari yesus kristus trus apa umat musa abraham nuh gak bakal selamat? Kok pandangannya sempit banget sih.. Padahal di agama saya mereka yang diangga kafir(tertutup dari rahmat) aja ada yang insyaallah bisa masuk surga lho! Golden Ticket grraaatiss polll tambah bangettt!! Walapun gak semua orang sih plus ya di neraka bentar lah, mampir... Masak mau hidup enak gak mampir dulu... Wkwkwk ya kegampangan lah ya. Tapi yng kebablasan harus tetp di neraka sih. Nah, Yesus aja juga masih berdoa lho saudara2. Dia juga harus di khitan, kurban persembahan, perdamaian, bakaran, tahunan, puasa, hari raya, makan roti hambar paskah dan sayur pahit lah ini itu lah, lalalalala, blablablablabla, dll, dkk, dst, dst,dst, sebagai manusia biasa juga selain nabi. Lhoh, itu penting to? Ya penting masak udah di wahyuin pake perantara para nabi susah susah kok eh dibuang gitu aja ii ya piye? Oooo, gak cetha itu namanya. Juga hukum halal haram (kosher) itu juga buat kebaikan kok. Tiwas dikasih hukum ben para manusiane sehat sejahtera malah dibuang. Trus gunane ngirim malaikat nabi dkk buat apa? Useless no! Kepiye to iki? Wkwkwk, makanya sering2 baca dan resapi biar bisa ngajar seperti yesus, kan harus ada yang minimal selevel dibawahmya lah ya, kalau gak umatnya berceceran kemana2 sing ribet siapa coba? Kita sih gak ribet ya orang gak berhak ngurusin. Nanti kalau ada skisma yang repot siapa hayo? Wwkwkwk.... Selow down aja .... Intinya semua sakramen itu penting. Semua yg dari dulu harus di jaga. Seperti,kami ini juga gitu mbak mase, syariat kurban masih ada, sujud, berlutut masih ada, puji2 an masih ada. Dll deh. Sing sabar nggih, eling, jamane jaman rekasa, urip? Kudu roso! Wkwkwk semoga smuanaya damai sentosa ya...

      Hapus
    2. Haduhhh dikasih tau malah ceramah dek adtiya ,buka mata hati kalian ...masa megang alkitab haram itu ilmu om...masa ngantar orng kristen ke gereja haram...hadehh semuanya ajj haram om..emang ya klu otak nya sempit gto...semuanya haram

      Hapus
    3. Haduhhh dikasih tau malah ceramah dek adtiya ,buka mata hati kalian ...masa megang alkitab haram itu ilmu om...masa ngantar orng kristen ke gereja haram...hadehh semuanya ajj haram om..emang ya klu otak nya sempit gto...semuanya haram

      Hapus
  3. hahaha...teori kacangan,,cocok buat ngibuli anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabilah@ firman telah disampaikan tapi km menolaknya nantikan di hari penghakiman segala resiko ditanggung sendiri........perlu di ingat tidak ada satu manusiapun dan nabi sekalupun yg berani bilang "AKU LAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DATANG PADA ALLAH BAPAKU DISURGA KALAU TIDAK MELALUI AKU' hanya YESUS satu satunya manusia yg berani berkata begitu dan itu benar karna DIA SANG JURU SELAMAT ITU SENDIRI MESIAS ........semua terserah anda....

      Hapus
  4. Siapa saksi atas pernyataan cerita khayalan itu..?? dikatakan sebagai Dr. Lulusan Al Ashar
    hafal Al Qur'andan Hadits..? dengan cerita fiktifnya ..kemudian membaca "injil Yang Sekarang" yang nyata - nyata penuh dengan pertentangan/perbedaan dalam ayat-ayatnya sedang ia dikatakan sebagai seorang Ilmuwan ..Memakan mentah-mentah "Injil yang sekarang" sebagai kebenaran...?!! Maka benarlah bila dikatakan "Keledai Dungu" yang omong kosong tanpa buti dan saksi...mimpi...!??

    BalasHapus
  5. jika tuhanku berkesempatan mempertemukan kita maka akan saya penggal kepalan anda. maka kau akan tau siapa yang benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syamsi@ jika benar kenapa marah marah pakai mau pengal kepala orang segala.......dimana pelajaran kasih di agamamu yg telah diajarkan adakah kasih itu diajaran agamamu.....kami oarang kristen mau di bakar greja kami atau mau juga bakar alkitab kami...kami tak marah dan hanya berdoa "ya Tuhan ampuni orang yang berbuat itu karna dia tak mengerti" jika km mau memengal orang yg udah percaya mesias juru selamatnya lakukanlah....semua pekerjaan ada upahnya....dan aq tidak menghakimi hanya allah yg berhak menghakimi dia pula yang menentukan nyawa seseorang.....

      Hapus
    2. @Bung Gugun Surabaya...justru apa yang Bung Syamsi sampaikan...itulah Islam yang sebenarnya.

      Hapus
    3. @larisa betul yang anda katakan,itulah islam yg sebenarnya,banyak orang isalam yang baik toleransi dengan agama lain namun ketika akidah mereka terusik,sikap mereka pun berubah 1000% MENJADI garang ,tempramental tidak lagi terlihat yg baik sebelumnya tetapi sama jahatnya itu yang saya ketahui dan saya amati

      Hapus
    4. samsi: buka mata hati anda lihat diri anda hidup hanya sekali saja tinggalkan islam karna agama itu mengajarkan anda seperti ini, tinggallah dalam kasih datanglah padaNYA mintalah ketuklah maka pintu akan dibukakan, sepeerti dalam firmaNYA" datanglah padaku kamu yang letih lesu berbeban berat Aku akan melegakanmu" saya melihat anda sudah terkukung lama dengan ajaran islam yakinlah kita hidup bukan hanya sekarang tapi akhirnya kita semua akan kekal tinggal dineraka atau surga Yesus telah menggaransi kamu dan saya kita semua" Akulah jalan kebenaran dan hidup tidak ada yang sampai pada Bapa kalau tidak melalui aku" Gbu

      Hapus
    5. Ya ammpun mas gugun gondrong mbak roti larissa, sma,,, eehhh ketemu nas jesus follower lagi mas.., sama mas hanya mimpi (?) -mimpi,doang mas? Gak bangun2 kieee?- wkwkwk :v Kan agama bukan bdsr orang tho... Nek iya para yahudi di padang gurun mau zinah sama perempuan penyenbah berhala tetus dikutuk mati itu apa berarti ssmua yahudi atau BAHKAN agama yahudi itu NOL BELAKA? GAK DITURUNKAN DARI LANGIT? OMDO -OMONG DOANG-? DAN GAK ADA BAGUS2NYA? GITU? ADA LAGI? ADA SANGGAHAN? Kan gak bisa gitu... Trus nasrani yang aoada freessx berarti semua freesex? AGAMNYA kutus freessx gitu? Nek aku nyontek persis anggapan mbak mas sih kunci jawabannya gitu sih di LJK.. Wkwkwk :v Jadi gak logis BEGETE BINGITZ NGITZ NGITZ KAN SEMUA? TOK2 PADA PAHAM KAN? Wkwkwkk makanya semua ditelaah dulu, hati,yang tenang dan penuh kedamaian kunci keberhasilan .... Pareng nggihh

      Hapus
    6. aku ya cuma bisa ambil perumpamaan ya...ada 2 orang guru private, masing masing mereka pastinya mengatakan bahwa mereka pinter kan..tetapi mengapa guru private yang satu lebih banyak muridnya dari yang satunya lagi.??pastilah jawabannya guru private yang banyak muridnya itu lebih pinter ilmunya n lbh banyak ilmunya serta lebih update pengetahuannya kan.jika tidak mana mungkin seorang orang tua mau mempercayakan pendidikan anaknya kepadanya.
      Satu perumpamaan lagi : dulu....taun 90an yg booming itu hp merk NOKIA yang dengan segala kekurangannya (dibanding dengan hp sekarang).nah sekarang yg lagi booming itu adalah hp andoid (dari segala merk).NAH pertanyaannya : anda anda sekarang ni pakai HP apa (nokia jadul atau android)...hehehe pasti android kan..jelas itu...tu menandakan apa ?? Menandakan anda anda sekalian UPTODATE,bener kan...cakeeeep..nah kembali ke pokok pembahasan,INJIL dengan nabi isa a.s (yesus bagi pengikutnya) tahun berapa ?? AL-QUR'AN dengan nabi muhammad saw tahun berapa ?? (Merujuk kepada hal mengenai hp nokia vs android tadi) yang anda anda sekalian ikuti update nya ,jelas anda anda sekalian tentu milih AL-QUR'AN dengan nabinya muhammad saw ketimbang INJIL dengan nabinya isa a.s (yesus bagi pengikutnya).jika tidak BERARTI anda anda sekalian GAK UPTODATE doooooonnggg...(ihhh...anda jadul ya..hehehe)
      Seperti halnya kitab kitab lainnya yg terdahulu, ada taurat dengan nabinya musa as, zabur dengan nabinya daud as.kita bahas : TAURAT kitab yang pertama turun di malam ke 6 bulan ramadhan dijaman nabi musa as (pasti poluler dong).berselang 482 tahun kemudian pada malam 12 bulan ramadhan turun kitab ZABUR kpd nabi daud as (populer dong kitab zabur),nah apakah di zaman nabi daud dengan kitab zaburnya orang2 masih berpedoman dengan kitab taurat (nabi musa as) ?? JAWABANNYA tentu tidak,karena pasti mengikut ajaran baru....cakeeeeppp...berselang 1050 tahun kemudian pada malam 18 bulan ramadhan turunlah kitab INJIL dengan nabinya isa as (pasti populer dong kitab injil daripada taurat dan zabur)...pasti lah...cakeeeppp...selajutnya turunlah AL-QUR'AN dengan nabinya muhammad saw pada malam 24 bulan ramadhan (pasti populer dong AL-QUR'AN daripada taurat,zabur dan injil)pasti tentu...cakeeeeppp....
      Inikan suatu trend gitu ya (spt tren hp tadi) bahwa manusia itu punya kecendrungan uptodate getooohh..nah mengapa kita mau beli hp android ??? Jelas pasti teknologinya kan bro lbh mapan ketimbang nokia jadul...bener gak..(nah kamu aja ngakui bahwa update tu penting apalagi update status..hahahahah..biar gak di bilang hidup di jaman batu gitu..hehehe)..JADI....napa anda anda sekalian rewel n gk mau update ttg ajaran AGAMA sih..aku juga heran ya...hp di update terbaru pake android,motor di update terbaru pake yg injeksi,status saban hari update..ampe ampe mo makan,mo minum,mo bobok untung untung mo berak juga di update (ups sorry)
      MOVE ON DONG BRO...hari gini masih pada JADUL....hellloooowwww...hidup ini berputar broooowww,jangan sia siakan hidup lo dgn yg jadul jadul..heheheh..sorry ya pembahasannya agak gaul..hehehehe..TETAP PEACE,cemanapun kalian tetap saudara setanah airku...lakum dinukum waliyadin : untuk mu agamamu,untuk ku lah agamaku.qs:al-kafirun 6..

      Hapus
  6. Indahnya Indonesia... Penuh dgn permasalahn.. Semua.a tu d'lht dri kta sndiri.. Smua agama pnya 7an yg sama, ajaran nya pn jga sama(menuai kebaikan). Cman cra beribadahnya aja yg bedha... So smuany tu d'lht dan d'mulai dri kita sndiri dlm menyikapi dan mnjlnkn indah nya hari... Y gk?hehhehehehehehe
    #ceramah mode ON(wkwkwkwkw)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak tidak semua agama sama hanya satu yg membawa keselamatan hanya YESUS nanti pd ahkir jaman dia akan datang sebagai hakim dialah isa almasih atau mesias yaitu DIA YESUS SENDIRI......percaya atau tidak terserah iman kamu ........

      Hapus
    2. Memang semua agama itu sama, tau gak kesamaannya?
      sama-sama tidak mampu menyelamatkan umat yang beriman padanya..bahkan menjamin keselamatan secara pasti..
      Hanya Yesus Kristus lah satu2nya jalan dan pribadi yang mampu menjamin kita semua manusia untuk selamat dari hukum akibat dosa kita... Kristen bukanlah agama, tapi sebutan bagi orang yang mengikut Kristus Yesus.. itulah fakta yang sesungguhnya..

      Hapus
    3. Mas gugun gondrong nampang lagi ya mas? Biar followernya nambah ya?! Ganteng dikit cekrek, senyum bebek cekrek, monyong dikit cekrek, wkwkwkk. :v Sama mas stevanus emanuel ya, he.em. Jadi o.o kata mas steanus ini agama gak menyelamatkan (?) oh iya to mas ? Berarti orang jaman musa yang percaya dan gak merayakan Pesakh, Pndok daun, Puasa, makan sayur pahit paskah, roti tanpa ragi, Hukum Kosher (halal-haram) tetep masuk surga? Wow! Keren banget no ya mas! Fresex boleh, bunuh orang boleh yang penting percaya! Wkwkwk nek gitu tanpa aturan no mas. Orang negara aja susah2 buat aturan mase malah nurut2 aja ikhlas sukarela tanpa biaya uang watisan dan harta negara sepeserpun. -_-v tapi sama hukum agama malah bisa bilang gak percaya dan salah kabeh ii kepiye to mase? Mase sakit to? Nek capek keren dulu mase, ngaso di gubuk sebelah, teduh dan gratis kok, wkwkwk :v Agama turun dan selalu diperbarui bahkan kitabnya beda2 dahulu kala tetapi spesifik karena untuk membentuk budaya orang juga mas. Iya he.em, kalau Qur'an kok cuman kisah2 tertentu aja kan karena buat universal tapi lengkap kok mas! Keren deh pokoknya! Dijamin deh! Wkwkwk Jadi semua agama itu pernah ada buat ngatur orang mas, masak mau atheist liberal lama2 Sex dijalan kayak anjing mas. Masnya mau? Coba aja, saya ogah mas selalu ngkikut agama saya aja mah saya. Masnya sih terserah. Bentuk ibadah juga biat namabah iman. Kalo gak ada ibadah imane nek hilang gimana mas. Sekejap ingat sekejab ada, kayak lampu disko no mas, ajep-ajep ~('o'~)(~'o')~ , dance! Wkwwk makanya mas harap hidup ditelaah, orang sekte sesat mau buat agama dan aturan aja susah nya minta ampun kok agama kok malah gak di percaya satupun!? :Plak: monggo, pareng nggoh monggo...

      Hapus
    4. Si aditya jigana agak kirang sa ons nyak? Eta comment tahun 2013 masih wae ku maneh disautin? Dibilang cr follower? Maneh damang? 😂

      Hapus
  7. sudut pandang, sekali lagi sudut pandang. saya tetap menghargai penulisnya. pergumulan di rendam di air sewaktu di penjara menunjukkan bahwa penulis memang mengalami hal itu. Hanya dalam membaca sebuah kesaksian religius, tidak bisa kita mengatakan itu sebuah kebenaran yang mutlak. Pengalaman penulis belum tentu mampu dialami orang lain. malah banyak yang menjadi gila.

    BalasHapus
  8. Jika saudara muslim tidak percaya terlepas dr benar atau tidak kesaksian di atas ,alquran dengan tegas berkata bahwa Isa-Almasih adalah Kalimatullah . . "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al-Masih Isa putra Maryam” (Qs 3:45). Yesus adalah Kalimatullah . Kalimat yang menjadi Manusia . Islam tidak ada jaminan kesalamatan .
    perhatikan baik2 "Aku bukanlah rasul yang pertama diantara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak (pula) terhadapmu (Qs 46: 9). Simaklah hadist berikut: “Bersumber dari Abu Huraira, beliau Rasulullah berkata: “Mendekatlah dan berusahalah benar! Ketahuilah, bahwa setiap orang diantara kalian tidak bakal selamat karena amalnya. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga engkau? Rasulullah bersabda: Tidak juga aku, kecuali bila Allah melimpahiku dengan rahmat dan karunia dari-Nya (Hadis Shahih Muslim) .
    Pertanyaan saya : dimana muhammad saat ini , sorga atau neraka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe...pahami dulu apa yg dimaksud dengan Kalimatullah...sejarah lahirnya yesus...

      yesus lahir tanpa hubungan biologis/ pembuahan dari seorang pria kepada maryam/maria, kalimatullah itu ucapan Allah,KUN FAYAKUN, kun (jadilah) fayakun (maka jadilah)?sama seperti penciptaan Nabi Adam AS tanpa ibu dan bapak

      bukannya Allah yang menjelma jadi yesus...hihihihihih :D

      Setiap Nabi dijamin masuk surga, siapa nabi dan rasul utusan Allah itu? manusia pilihan Allah, yang dipercaya menyebarkan wahyu Allah

      Hak surga dan neraka itu hak prerogatif Allah SWT, makanya kenapa muslim walaupun gelar sudah kyai, haji bahkan orang yang ditebak masuk surga karena kearifan, kebaikan di dunia masih berdoa kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari API NERAKA ....kita sebagai manusia TIDAK BOLEH SOMBONG! SOMBONG hanya milik ALLAH SWT SANG MAHA PENCIPTA jagat raya dan seisinya..

      Hapus
  9. @romo didi : apa mksud ente "injil yg skrg?"
    Fitnah klasik dari muslim bahwa Alkitab yg skrg adlh palsu! Tetapi muslim tdk dpt membuktikan Kapan? Dmn? Siapa? Bagaimana caranya? Dimana Alkitab yg asli dan bagaimana fisiknya Alkitab asli?! Silahkan anda jawab hai muslim! Bukankah trkadang muslim sering memakai Alkitab utk menyangga kebenaran agama ente dan sering mengutip ayat dri Alkitab utk pengajaran islam?
    Umat lain justru bertanya dgn muslim dmn quran versi ustman berada? Quran yg tersimpan di 2 negara merupakan quran dri thun 900 M. Di mana quran versi editan ustman? Stelah ustman membakar tulisan quran yg lainnya? Tunjukan kpd dunia bhwa Quran versi Ustman original ttp terpelihara (min tahun 650-700M).

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah tau belum kenapa ustman membakar ayat-ayat yang tidak masuk dalam Al Quran?

      penghafal Al Quran di jaman Ustman banyak tersebar di berbagai suku-suku yang berbeda penulisan dan bahasanya dan cara membacanyapun ada yang salah, untuk itu ustman menetapkan hanya satu saja bahasa Al Quran, yaitu bahasa arab dan tentunya bukan sekedar seleksi seenaknya dan dibakar, tapi dengan kajian si penghapal tersebut, jika ada salah koreksi, salah baca dibetulkan...menjadi satu panduan AL QURAN yang benar dan tidak salah untuk menghindari perselisihan di kemudian hari, itulah hebatnya ustman sahabat rasulullah SAW

      Ayat Al Quran itu bukan sekedar tulisan saja, yang kalau robek atau rusak sudah hilang sebagian ayatnya, itulah hebatnya Al Quran bisa dihafal satu kitab, jika ada satu huruf saja salah, banyak yang mengetahui kesalahan itu karena banyak muslim yang hafal Al Quran

      Sesungguhnya Al Quran itu dipelihara Allah SWT sampai akhir jaman

      Hapus
  10. Halleluya!! Puji Tuhan!! Yesus lah jalan keselamatan satu2 nya bagi umat manusia. Yesus lah Firman Allah yang turun ke bumi yang jadi sama dengan manusia dan rela menebus kita umat berdosa dengan darahNya sendiri. Semoga semakin banyak umat2 manusia yang menjadi umat pilihan Allah sendiri untuk menerima keselamatan yang kekal dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa!! Amen!! God bless you..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak hallelu-yah itu artinya Mari (kita) memuji Yahweh lho mbak? Beda artinya... Tuhan itu EL (universal), YHWH itu nama... Piye mbake iki mbaca sik to mbak, mengko aku ndak isin orang indo kok gak,paham bahasa lain, ikut2 aja bisanya, saya sebagai saudara sebangsa mbak masih mau ngingetin lho mbak! Wkwkks :v

      Hapus
    2. Asbun qm
      Haleluya itu arti nya puji Tuhan
      Itu bahasa dari bahasa yunani

      Hapus
    3. Ah brisik banget si aditya situ sendiri pake bahasa arab kagak ada yg protes. Usik2 aje. Nnti udh dijamah Tuhan baru kau nangis2 "ih iya ya Yesus beneran dasyat, ih iya ya, Yesus nyata, ih iya ya nyesal aku dulu jelek2in" ah payah lo.

      Hapus
    4. berarti dengan terbunuhnya yesus di tiang salib sampai berdarah-darah, dalam hati nasrani merasa senang dan gembira?

      harusnya kalian (nasrani)mengutuk dan memusuhi yahudi sampai akhir jaman telah membunuh yesus

      Hapus
  11. http://kaummukminbicara.wordpress.com/2013/05/24/shahih-muslim-no-127-no-128-dan-no-129-datangnya-kembali-isa/

    BalasHapus
  12. Pada umumnya dalih orang islam menuduh bahwa Alkitab orang kristen sudah tidak asli lagi atau sudah dikorupsi katanya,ngga tau siapa yang korupsinya kalo ketahuan korupsi pasti ditangkap KPK,tapi pada kenyataan koupsi terjadi pada alcuran yg dilakukan anggota dpr ga perlu disebut dari partai mana semua orang udah tau,jadiiiii kitab yg dikorupsi itu yang mana Alkitab atau alcuran ya jelas alquran saya harap semua setuju,jadi kaga usah fitnah lagi alkitab ga asli atau sudah dikorupsi ,tks GBU

    BalasHapus
  13. SAUDARAKU ISLAM KNAPA KAING KAING

    BalasHapus
  14. Itulah bedanya ajaran Islam dengan Kristen.Islam diajarkan untuk selalu 'memberi` dalam bentuk doa,sedang Kristen diajarkan untuk 'menuntut' keselamatan.Muh amad diajarkan untuk rendah hati dengan mengatakan bahwa beliau tidak tahu bahkan tentang dirinya sendiri.Yesus mengajarkan umatnya tinggi hati dengan mengatakan bahwa umat Kristen pasti masuk surga


    BalasHapus
    Balasan
    1. muhammad nabi anda, dia adalah satu satunya nabi yang diklaim islam tapi anda tanay orang kristen apa dia nabi? bukan muhamamd mengajarkan jinah (poligami), muhamamd mengajarkan perampokan(harta rampasan perang), muhamamd mengajarkan perangilah mereka yang tidak menyembah alalh swt dan rasulnya, muhamamd mengajarkan kawin cerai, muahmmad mengajarkan diskriminasi bagi wanita: wanita hanya sebagai ladang datangilah sesukamu, wanita boleh dipukul, wanita dipoligami dan mudah untuk diceraikan tapa hak polianderi dan hak untuk bercerai, muhamamd mengajarkan wanita haknya setengah pria, muhammad mengajarkan bagaimana wanita adlah mahluk paling banyak dineraka, muhammad mengajarkan wanita tiak boleh jadi pemimpin dan muhammad mengajarkan bagaimana membenci yahudi dan nasrani " orang yahudi mengatakan uria adalah anak allah, nasrani mengatakan isa putra maryam adalah putra allah...kafirlah merka" kebencian ini terus terjadi pada pengikut islam terhadap yahudi dan nasrani dimanapun dimuka bumi ini termasuk di INA gereja dibom disegel, ditutup paksa dibunuh diteror dan dilecehkan .....dimana muhamamad benarnya?????

      Anda mengatakan pengikut Yesus over confidence, atau sombong dan tinggi hari dimana? ini adalah fakta bung bahwa Yesus sendiri yang mengatakannya bukan umat kristen mengatakannya" lihat roma 9:10 , lihat kis 4 :12 lihat ratusan ayat lainnya semua mengatakan demikian, bila kami percaya bahwa Dia telah menebus dosa kami maka kami yakin kami akan diselamatkan karna itu janjinya Gbu

      Hapus
    2. Lho mas kok,poligami zinah to mas? Abraham istrinya kata kalian tiga? Sarah, Hagar, Keturah. Anak2nya bukan anak haram kok. Dapet warisan lagi dan yang bagi bukan abraham tapi Yang Maha Kaya. Lantas kok dipermasalahkan. Yakub, Daud, Sulaiman itu,istrinya berapa? Diberkahi juga kan? Kenapa kok istri harus satu mas (lebih baik)? Karena nek kebanyakan ii susah mas. Nek kaya hati kayak abraham, kaya harta kayak Daud, Sulaiman, bisa membagi kasih sayang kan susah jaman sekarang gitu! Hello? Nek gak adil dosa mas orang perempuan itu juga ciptaan,kok, napas kok mas, hidup, bisa bantu laki2 dalam segala bidang kok gak dibuat adil yo kepiye to mase? Yo kasian, ngrenggut haknya namanya. Tapi kalo abraham, daud , sulaiman, yakub kan beda, orang istrinya juga nyaman2 kok, gak ngeluh, malah jadi,keluarga besar yang saling peduli. Jadi kampung mas... Wkwkwk... Yang sabar ya mas, emang kita harus setia, yang poligami juga harus setia, sebulan daoet cincin satu, habis poligami juga harus tetp gak boleh berubah. Dikiranya bebas? Wkwkk gak boleh mas, ajaran saya sebenarnya hak gitu. Maklumlah orang ada yng taat atau gak, atau khilaf dan dll agama apapun. Namanya juga manusia lho mas, yo kita kasih tahu pelan2 yg bener. Kasihan dia juga napas lho mas. Wkwkwk gpp mas tetep semangat ya! Semangat cari,ilmu dari,kisah para nabi... Wkwkwk :v Cayo!

      Hapus
  15. Mujizat yesus lebih nyata dari pada apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya kan udah post kalau semua ada mukjizat sendiri2, nabi musa belah lautan juga terpampang nyata kok! Dalam,qur'an disebutkan bahwa fir'aun jasadnya utuh sbg pelajaran bagi manusia akhirnya ditemukan juga kok di laut mati itu. Wkwkkw makanya jangan berpikiran sempit dulu mas... Wkwkwk Mending merenungkan kisah2 nabi terdahulu terus dipraktekkan.. Jangan OMDO aja biar hatinya damai mas.. Wkwkwk :v

      Hapus
    2. menghidupkan orang matikah yesus? apa bedanya dengan Nabi Ilyas yang juga bisa menghidupkan orang mati?

      Hapus
  16. Marilah melihat ke dlm diri sendiri, sdh baikkah diri ini? Sudah benarkah diri ini di mata Tuhan? Lantas manfaat apakah yg di peroleh dgn menilai orang lain? Apakah berguna utk membangun diri sendiri....agar layak di hadapanNya.

    BalasHapus
  17. yesus adalah nabi isa bukan tuhan,tidak ada seorang pun yg bs menjamin masuk surga/neraka,itu krn keridhoan Allah semata..

    BalasHapus
  18. aku bersaksi tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi muhammad itu utusan Allah..
    untukmu agamamu dan untukku agamaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda telah menutup mata hati anda dari kebenaran,untuk menegakkan harga diri anda.baca kembali kitab anda,dan lihat siapa nabi yang anda bela mati matian.the best deceiver and teror that equal with satan.

      Hapus
  19. Saudara muslim yakin bahwa alquran adalah qtap yg ditulis oleh Allah SWT sendiri,tapi bagaimana mungkin hal itu dapat dipercaya,sedangkan 99,9% tulisan yang terdapat di alquran adalah kta-kata dari nabi muhammad sendiri..
    Sunggu mengherankan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada buktiknya kalo 99,9% kata-kata dari Nabi Muhammad SAW isi Al Quran itu??

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makane mas, jangan kakean dosa ngejek orang ii ndak boleh. Bayangkan, nek yesus ngejek2 oranf lain aoa mau nerima agamane? Cedak yo gak sudi nek di ejek2. Wkwkwk makanya dalm ajaran kami ndak boleh ngejek biar orang gak benci sama pribadi kita lah minimal. Yo to? Emang mase boleh to dalam ajaran ngejek2? Setahu saya ndak boleh ii kiee mas. Nek mase boleh opo buat dominasi dewe? Satu orang tok? Wkwkwk sing banyak baca kisah nabi ya mas, biar dapet penceraham, kayak,orang2 dulu2 itu mas jaman non teknologi gitu... :v

      Hapus
  21. muhammad tidak ada mujizat, dan muhammad bukan nabi, karena muhammad sendiri yang mengaku nabi, nih buktinya

    “…Sesungguhnya akan ada tigapuluh orang pendusta di tengah-tengah umatku. Semuanya mengklaim sebagai nabi. Aku adalah penutup para nabi, tidak ada nabi sesudahku…” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

    tuh buktinya,muhammad sendiri yang mengaku nabi, tapi Allah sendiri, tidak pernah mengutus muhammad sebagai nabi, tapi muhammad sendiri yang ngaku ngaku sebagai nabi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas, itu katan2nya diantara umatku. Kalo misal aja, misal,yesus berbicara gitu masak yesus jadi umatnya sendiri. Misal,anda sbg ketua bilang anggotaku masak anda juga anggota? Wwkwkwkwk gakpapa mas, mas nya mungkin capek ya. Emang mas kebanyakan Pr, apa2 juga mahal steress juga dan puyeng.. Btw, jangan suka ngejek2 agama orang mas. Ngejek orang lain aja gak boleh dosa kan ngejek ciptaan(makhluk) dari Yang Maha Kuasa? Hayo? Padahal logisnya tiap2 agama pasti ada umsur keagamaannya walaupun dikit lah. Kan manusia dari adam. Tuhamnya adam ya satu. Nama-Nya emang banyak,sih mas kan ya gak harus tahu semua. Trus kayak EL ROI atau EL SHADDAI kan yang kasih nama orang ( walaupun secara hakikat gak usah disebutin gitu emang Yang Maha Kuasa itu Maha Memiliki sesuatu, ya pastilah itu milik-Nya. Jadi intinya mungkin aja kamu nganggap ajaran orang lain gak benar 100% menurutmu lho ya... Ternyata yang kamu kutip gak sengaja kebenaran wahyu dahulu kala dari langit atas trus kamu tiba2 dapet dosa atau lainnya apa gak rugi mas. Tiwas ngutip ternyata malah dosa. Hayo yang rugi siapa? Yng lain sih gak kenap2 orang kagak,ngutip. Wkwkwk makanya mas yang sabar.. Sering2 baca kisah para nabi biar paham lebih puyengnya mereka wkwkwk.

      Hapus
  22. nih buktinya, bahwa alquran bukan firman Allah, tapi firman muhammad

    "Katakanlah: 'Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul, dan aku tidak mengetahui, apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak (pula) terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti, apa yang diwahyukan kepadaku, dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang memberi penjelasan'." – (QS.46:9)
    "Dan temanmu (Muhammad) itu bukanlah sekali-kali orang yang gila." – (QS.81:22)
    "Dan Dia (Muhammad) bukanlah seorang yang bakhil, untuk menerangkan yang gaib." – (QS.81:24)
    "Dan (ingatlah) ketika Isa putera Maryam berkata: 'Hai bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)'. Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka, dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: 'Ini adalah sihir yang nyata'." – (QS.61:6)

    berdasarkan bukti bukti di atas, apakah masih percaya, bahwa alquran firman Allah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf btw, ayat yang terakhir bener lho... Kan yahudi menganggap kuasa yesus adalah dari beezebul a.k.a setan a.k.a yng nolongin tukang SIHIR. Karena emang mukjizat para Rasul seperti musa yg melawan ular2 penyihir mesir itu seprti sihir tapi jauh lebih kuat karena dari Yang Maha Kuasa. Kalo yang ayat2 lainnya saya mau cerita tapi daripada anda marah dan gak percaya ya mending tidak. Tapi saya beriman kepada Qur'an sampai mati. Damai semoga turun pada orang yang dikehendaki-Nya. Aamiin

      Hapus
    2. Btw lagi, orang yang dikehendaki-Nya itu terserah lho ya... Orang orang agama apapun memungkinkan untuk damai. Jadi jangan rasial atau sara itu namanya dosa apalagi kita semua percaya manusia dari satu jenis bertengkar kan gak boleh, Habel aja merasa benar gak melawan Kain. Hayo gimana?

      Hapus
  23. eslam nyembah BULAN. Adopsi pagan. dimana2 lambangnya bulan sabit, mau puasa nunggu bulan sabit. tanggak hijriah pakai peredaran bulan, mujizatnya katanta membelah bulan. huruf2 arabb juga ada huruff qamariyah (BULAN) ... aulohnya pun bersumpah demi bulan !. memang sih skrg udh diubah menjadi prinsip ketuhanan. tapi penyembahan pada BULAN masih ada. fakta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Sara ZZ nggak pake BEGETE BINGITZZ, BEAUT, OMEGOD DAN MIAPAH, mbak nya ini aneh ya.. Ckckckck nggak baca2 buku perpus sih mbak, gak baca wikipedia juga meatia kerjaannya ngupload status doang kan?! Hayooo.... Ngaku mbakkk,... Kok pipinya merah? Malu ua mbak? Wkwkwk jangab malu mbak mbaknya masih pake bajukan ga usah malu atau isin. Mukanya kalu malu tutupin tangab aja mbak ups kalo tirus sih kalo gak kan masih bisa kelihatan, dilihat diraba ditrawang, wkwkwk :Plak:, mbak kan tahun masehi mbak yang awalnya nama anno domini itu kan ikut sistem penanggalan romawi yang Solar. Kalau mereka ngapain nunggh bulan mbak? :plak: gak usah keleus! Nunggy mata hari? :krik2: gak usah juga orang tiap hari nongol jelas teroamomang nyata kok, dan mereka kan lebih oake perhitungan walaulun semua orang tahu kalau satu hari gak 24 jam dan hari, dan bulan, dan tahun, dan blablabla, dan blablabla, dan blablabka, itu mesti bisa berubah mbak harusnya.. Kan ngganhel,koma2 gitu kan!? (btw mbaknya tahu kan? :v :tepok jidat:) makanya kalau islam itu gak manut itungan mbak karena takut salah dan yang ragu2 salah islam hukummnya gak boleh (ooo gitu ya? :plak:) makanya juga kan bulan kan yang awal bulan itu lho mbak, kan tipisss BINGITZZZ, BEAUTZZZ, PAKE ZZ! Dan dilihat pada derajat tertentu blablabla (skip baca wiki!) dan di dekat matahari sore yang orange2 gemerlap di langit gimana gitu.. Kan susah to mbak.. Apa lagi banyak polusi, kabut asap, terus faktor hayati dan jiwa yang terkadang lelah menerima cobaan hidup wkwkk :v kan susah padahal harus tiap daerah harus sama takutnya ilusi optik (baca wiki!) gitu mbak... :tepokjidat: wkwkwk Dan Tuhan itu kan bersumpah demi makhluk: demi israel, demi kemualiaanku, demi apa kek, kalo orang bersumpah demi Tuhan kah gak boleh demi makhluk emang eloe yang bikin makhluk,atau diri loe sendiri? Hello??? Dah paham kan? Makanya baca2 bible kek apa hal2 penting dan bermutu dan berguna bagi masyarakat dan penduduk biar dapet pahala... Oke kan? Keren dah! Wkwkw :v

      Hapus
    2. Wah mas Aditya Heriawan Putra ini luar biasa. Menanggapi semua argumen dgn guyonan..luar biasa..jika saya katakan Kristen paling benar km pasti tdk terima begitupun sebaliknya. Agar adil, mari kita berdoa dalam keyakinan kita masing2 dan minta petunjuk kepada Tuhan agar ditunjukan agama yang benar membawa kita kepada keselamatan. Jika Aditya km melakukan hal ini pasti km akan dapat jawaban. Selamat.

      YESUS adalah Penyelamatku. Amin.

      Hapus
    3. Wah mas Aditya Heriawan Putra ini luar biasa. Menanggapi semua argumen dgn guyonan..luar biasa..jika saya katakan Kristen paling benar km pasti tdk terima begitupun sebaliknya. Agar adil, mari kita berdoa dalam keyakinan kita masing2 dan minta petunjuk kepada Tuhan agar ditunjukan agama yang benar membawa kita kepada keselamatan. Jika Aditya km melakukan hal ini pasti km akan dapat jawaban. Selamat.

      YESUS adalah Penyelamatku. Amin.

      Hapus
  24. yg pinter psti.ngarti deh...
    sodara2ku yg pntg kt sdh berusaha.... mngajak... agar mrk.jg selamat... namun kalo mmg g sdr n g mau.. biarin aja.dah... we love Jesus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita juga Love Jesus kok? Kan,kalo orang gak percaya yesus yang DiUTUS dosa lah gak bakal masuk,surga kecuali dia emang sepolos itu gak tahu kayak suku pedalaman aja gak tahu :v. Btw, soal inteoretasi bagi kami yang benar adalah dari Qur'an. Kalo gak percaya terserah kok. Kan percaya gak hak,orang. Di agama kami orang gak boleh maksa agama kok. Kalo agama kan berdasar iman. Masak gak,percaya dipaksa? Hayo munafik,kan jadinya? Sekarang ini coma contoh aja ya gambaran aja kalo, islam dipaksa masuk,kristen aja misal di antah berantah one day, blablabla whatever, and then dia tetep mempertahankan imannya tan pa orang tahu gimana coba? Apa yang maksa gak kecewa, terlanjur dipaksa dan mau dan senang ternyata gak sesuai ekspektasi. Kayak kisahnya nabi Daniel, 'berprestasi', disukai rajanya, terlihat seperti masyarakat sekitar ternyata tetep,ngotot berlutut ke yerusalem 3x sehari. Trus kecewa, dibakar, eh malah gak kebakar2! Tambah geram dan anyel bgt bingitz kan? Wkwkwk :v ya begitulah cara mengambil hikmah dari cerita dan pewahyuan. Kalau bahasanya lembut sperti para nabi kan juga lembut tapi tegas! Kan enak kan? Iya kan? Coba kalo nabi atau yesus atau seorang pengurus bait suci melotot terus, cemberut, marah2 apa gak semuanya pindah agama? Ya to?

      Hapus
  25. Ya Allah! Kalian apa tidak malu! Entah yg muslim atau kristen. Kami diperintankan dalam Qur'an hanya untuk memberitahukan kebenaran kepada manusia dan ahli kitab jika tidak maka kami kami hanya harus mengatakan: maka saksikanlah bahwa kami mengikuti agama ibrahim yang lurus. Kata kalian bapa kalian abraham? Kenapa kalian mencaci muslim atau yahudi mungkin? Sungguh Allah dapat menjadi kan bagi ibrahim anak2 dari batu atau dari apapun sebanyak yang Dia kehendaki. Demikian pula, anak Nabi Nuh, Kan'an, tidak diselamatkan walaupun anak kandung. Kata kalian mana yg lebih berharga? Roh atau daging? Bagi kami roh dan begitu pula menurut kalian. Lalu manakah yang lebih baik? Manakah yg harus dipilih sekarang? Kebaikan roh atau kebaikan identitas? Kalian tahu bahwa tidak mungkin ada agama lain yang menyembah Rabb atas ibrahim selain muslim, nasrani, sabean, dan yahudi. Bukankah pembaruan selalu dtang belakangan? Seperti yahudi memperbarui hukum abraham, nasrani memperbarui yahudi, demikian pula islam. Kenapa bertengkar kalaupun tidak terima? Bukankah kita di dunia ini satu keturunan nabi adam? Dalam daging kita sama tidak beda. Dalam roh kita beda. Karena itu di dunia kita tidak boleh mengusik satu sama lain. Berbicara yang santun. Tegas harus tapi santun. Saya sebenarnya mikir, tidak ada agama lain yang mengakui mukjiza isa al-masih putra maryam selain islam. Tapi kadang, mentang2 hukum Yahudi masih dipakai kristen, mereka kadang condong yahudi. Dalam artian kalo islam pasti dah dicela mulu. Bagi,kami tidak ada yng perlu dipermasalahkan terutama saya pribadi. Toh apapun agama seseorang dia sendiri kan yang merasakan akibatnya? Toh apapun perbuatan sesorang walaupun agama sama dia sendiri kan yang merasakan perbuatannya? Percaya hari kebangkitan, hari pengadilan,surga dan neraka kan? Ya sudah, karena itu setiap manusia dibebani dosa masing2 tidak mungkin dikasih ke siapa2 pun. Dah diem aja, damai, apa lagi kita satu negara, mesti lebih dekat dari sekedar keturunan Adam dalam daging. Itu saja. Bagi saya pribadi tentu saya hanya percaya islam dan apa yang diturunkan pada kami. Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Kamu berlepas dari yang aku kerjakan, aku juga berlepas dari apa yang kamu kerjakan. Penak lan susah dirasakan dan embat sendiri2 selama2 nya ora dikekne sopo2. Wis adil soko dhuwur! Meh doa karepmu, ora ya karepmu, penting aku wis ngelingke wis ora dosa.

    BalasHapus
  26. P.S: bagi sy pribadi kalo kalian lihat kitab atau apapun di alam ini orang agama apapun entah menurut masing2 benar atau,salah masih dikasih gedung tinggi, rumah nyaman, makanan, minum, hidup, ilmu dan,apapun lah. Gak,langsung dihukum kok. Jadi ya sudah, Yang di Atas aja gak beda2kan selama di dunia iya kan? Kita yang gak punya kuasa apa2 diem deh kan enak. Orang kita ini dibanding Yang Maha Kaya dan Yang Maha Kuasa aja miskin baaaanggeet dan leeemaaah bangettt, trus apa hak,kita? Apa gak dosa? Orang emnurut kalian yesus aja merasa gak boleh menghukum pezina kok,kalian mencaci. Hayo urut2 kepangkatan nya giman? Yang lebih atas malah gak berani yang cuman manusia paling biasa kok malah berani. Ya gak logis lah. Gimana coba? Oke? Mari kita hidup,damai di dunia karena kita di,ciptakan butuh banyak,orang. (emang sengaja di buat gitu, emang kita bisa aja seenaknya hidup hanya sekelompok kecil? Gak bakal boleh lah.. Gampang men hidupe nek gitu?) Damai semoga turun bagi yang dikehendaki-Nya. Aamiin

    BalasHapus
  27. Btw kok yang buat blog emailnya gak ada sih? Saya mau gosip dan jagongan kok malah disembunyikne primpen rapet ii kepiye to? Jare blog itu biar banyak tamu? Ada tamu kok gak di sapa salam ik kepiye to? Mbok niru abraham ii lho, ada tamu malaikat yo disuguhi gak ketang gak dimakan... Wkwkwk gitu ya mase? :v

    BalasHapus
  28. Belajar lah untuk membuka hati dan fikiran. Bukti sudah ada di depan mata, kamu (kaum muslim) masih percayakan pada Nabi Muhammad? Penyelamatan tidak ada dalam Islam. Hanya orang2 yang percaya dan orang2 yang Kudus akan diselamatkan pada hari penghakiman, dan sesiapa sahaja yang tidak mengenali Yesus tidak akan memperolehi keselamatan dan kehidupan yang kekal. Untuk masuk ke dalam syurga bukan senang seperti yang kamu fikirkan. Orang2 kristen lebih mementingkan perjanjian baru dan bukan perjanjian lama.

    BalasHapus
  29. Para umat muslim lihat la kesaksian ini : https://www.youtube.com/watch?v=kiL4ClvshN0

    BalasHapus
  30. Di dalam kitab kita dapat simpulkan bahwa seorang utusan Tuhan itu mempunyai kelebihan dalam segala aspek di atas manusia normal, dan ajaran2 yang disebarkan adalah tentang kebaikan.

    Tetapi yang saya temukan adalah justru sebaliknya, Muhammad tdk pernah membuat suatu muzijatpun untuk membuktikan kenabiannya, dan tidak aka kesaksian yang menguatkan kenabiannya dalam kesehariannya.

    Disamping itu ajaran2 yg ada di quran justru menbolehkan perang, merampas dan memperbudak wanita.

    Tdk ditemukan bahwa orang berduyung2 maauk ke islam itu karena ajaran atau muzijat Mohammad melainkan karena takut mati karena takluk oleh perang.

    Jadi apa yg dibuktikan Muhammad bahwa agama islam adalah agama yg diridhoi Alla.?

    BalasHapus
  31. Pada dasar nya tuhan itu banyak, ya alloh islam sama bapa orng kristen ya beda toh, saYa nasrani, klo di bilang allah itu sama dgn alloh swt, ya saya jelas keberatAn, krn aku tidak sudi punya tuhan seperti alloh swt, yg gk konsekuen dan berubah ubah ucapan nya, tpi bapa di surga kekal dan abadi, jesus itu firmab allah, anak allah, dia raja diatas segala raja, yg terkemuka di dunia dan akhirat ( versi islam ) walau saya jg kurang setuju klo isa itu jesus, jesus ya jesus, ibunya maria , bkn maryam saudara harun (ver. Mslm), ini mslh iman dan logika, saya pst mengikuti iman yg baik, yg pengajaran nya melalui kasih, penyembuhan,keselamatan, bukan iman yg pengajaran nyA melalui pedang terhunus, klo lah jesus mengajarkan ajaran nya dgn kekerasan, perperangan,membunuh, perzinahan, saya pst tidak jd pengikut nya, iman tanpa perbuatan adalah sia2, iman tanpa logika jg sia2, krn gk bisa membedakan mana yg baik dan tidak baik, mnrt iman islam muhammad adalah nabi utusan allah swt, tpi buka pikiran anda buka logika anda , apa alloh yg menurut kalian tuhan membenarkan, pembunuhan, perampokan, perzinahan, phedofilia yg dilakukan nabi kalian? Jika mmng alloh membenarkan itu, utk dilakukan muhammad. Cari tau dulu siapa sebenarnya alloh itu, Apa dia mmng cm zat,setan, atau mmng alloh swt itu ya muhammad sendiri, bangkit lah wahai saudaraku muslim percayakan hati dan pikiran serta iman mu kpd pengajaran yg baik, yg diajarkan jesus, dan berdoalah kpd dia, utk keselamatan yg kekal dan abadi, suatu saat kita bertemu di tmpt yg pling indah duduk bersama jesus dan orang2 yg beriman kpd nya. Yang percaya katakan...!!!!!! A M I. N

    BalasHapus
  32. Ntah alkitab, atau alquran KITA KAGAK ADA YANG TAO TU ISINYA DAH DIUBAH, ATAU KARANGAN, SUMPAH GA ADA YANG TAO. Jadi, JAANGAN LAGI ADA YG NGURUSIN KITAB2AN LG. Please deh, sampe skg ga ada yg masih idup dr 2000 tahun, yg ngeliat lsg kejadian zaman Yesus maupun Muhammad. Jadi, PLEASE STOP bilang "uh alkitab dikorupsi" atau "uh itu alquran karangan Nabi Muhammad"

    Hih. Basi.

    Tp buat temen2 nasrani ingat : BERBAHAGIALAH KITA, KAGAK LIAT TP PERCAYA... xixixi. Bahagialah kita. Gausah stress2 dikata apa juga, yang penting kita PERCAYA.

    Biarlah semua jadi misteri. Nnti juga ada saatnya Tuhan kasih liat apa yg terjadi 2000 tahun lalu dan 1400 thn lalu. Hehe. Salam damai. Damai Kristus menyertai kita sampai ke hidup yg kekal. Aminnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERBAHAGIALAH nasrani yang hidup di jaman kedatangan Isa AS ke dunia (akhir jaman), karena Isa AS menjelaskan kekeliruan umatnya selama ini yang membuat kaget dan gempar seluruh jagat raya dgn menjadikan dia sebagai Tuhan ...

      Hapus
  33. kenyataan yang gk bisa dipungkiri sampai sekarang!

    Tuhan Yesus menyertai kita. Amin

    BalasHapus
  34. Siapapun yg anda percayai itu hak anda smua, tp bg sy pribadi mujizat Tuhan Yesus msh ada sampai skrg, dan sy mengalaminya sendr. Sy py penyakit turunan yg kt dtr ga bs sembuh total hy bs dikurangi frekwensi kambuhnya mk dr itu sy hrs sedia obat utk menjaga bila penyakit itu kambuh, pd suatu mlm penyakit sy kambuh scr luar biasa dan sy tdk sedia obat, sesak nafas yg begitu hebat, kringat dingin mulai bercucuran,rasanya ini akhir hdp sy, sy tdk bs berdoa meski dlm hati, dgn sisa nafas dan tenaga yg ada sy hanya memanggil nama Yesus 3x, setelah itu smua menjd gelap gulita. ditengah kegelapan itu sy sangat takut dan sy sprt ada disebuah aula yg besar (wkt itu sy ada dikmr tidur), ditengah rasa takut+kegelapan sy melihat dr jauh ada 1 titik putih, yg berjln semakin mendekati sy, sampai akhirnya berdiri didpn sy(pd saat itu sy sprt duduk dilantai), seorg dgn memakai jubah putih berdiri didpn sy ketika sy mencoba melihat wajahNya, sy tdk dpt melihat krn wajahNya bercahayadan berkilauan akhirnya sy menundukkan kpl dan ada perasaan takut muncul dlm diri sy, tp org tersebut mengulurkan tanganNya & berkata"jgn takut! ini Aku, adlh Yesus yg km sembah, mari ikut Aku". Seketika itu jg ada perasaan damai sejaterah dan suka cita dlm dr sy, sy pengan tanganNya yg sanngatt halus itu, aku dibw ke cakrawala melintasi langit,ketika sy dibw keatas sy sempat melihat kebwh dimana keluargaku sedang tidur nyenyak dan sy sendr kaget ketika sy melihat diri sy sdg tidur di ranjang, dan sy bertanya kpd Yesus siapa org yg mirip dgnku yg tertidur itu ttp Yesus menjawab "itu adlh bdn kamu", dan aku bertanya lg "lalu siapa aku sekrg yg ikut dgnMu?", dan Yesus menjawab " ini adlh roh km". kemudian sy dibw melintasi cakrawala dan sy melihat bumi begitu kecil,disana sy melihat keangungan Tuhan yg begitu dasyat, sy bermain" disana dan sy merasakan sukacita , damai sejaterah yg luar biasa. Sampai akhirnya Yesus memanggil sy dan mengajak sy kembali ke bumi tp sy menolak sy blg, "Tuhan sy mau disini saja dekat dgn Tuhan Yesus krn disini sy tdk merasa sakit,sedih lg " dan Yesus mengijinkan sy beberapa saat lg sampai akhirnya utk ke3xnya Yesus berkata: " sudah saatnya km plg, suatu hr nanti km akan ada disini lg bersamaKu tp bkn sekarang krn tugasmu di dunia blm selesai, kabarkanlah injil kpd semua org yg bln mengenal Aku(Yesus Kristus) dan seketika itu pula sy merasakan roh sy masuk kembali ketubuh saya melalui kpl terus msk sampai roh sy memenuhi bdn sy. Dan sejak saat itu penyakit sy yg sudah berthn" sy derita sembuh total sampai saat ini ga pernah kambuh lg. Tuhan Yesus memang dashyat, mujizatNya ada dr dulu sampai slama"nya amin. Tuhan Yesus memberkati kita smua

    BalasHapus
  35. Kayake yg lg debat nih sudah pernah semua menikmati alam kubur ya?? bisa begitu Yakin dengan pendapanya hehehehe, kalau anda masih isa menulis brarti satu pun dari kita belum pernah menjadi warga alam kubur, harus jadi Lazarus dulu kali baru bisa melek, karena Lazarus sudah pernah mati dan dibangkitkan dalam 3 hari.... cuma Tuhan yg bisa membangkitkan orang mati!!!! so kalo mau berdebat MATI aja dulu ya ...hehehehe baru bisa yakin mana yg benar mana yg salah...dan saya yakin ketika anda mati gak akan balik lagi ke Bumi yg indah ini...mau coba???? sekali terjebak gak bisa kembali...tapi anda bisa tau mana yg benar mana yg salah...amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya saran yang bagus, dari pada pusing dan ngotot bahwa si a, b, c dsb menganggap dirinya yang benar.
      Jika sudah MATI kan merasakan langsung dan pasti tahu tho yang benar dan salah..
      Hehe salam damai dari Putra Borneo

      Hapus
    2. Oh ia lupa kalau sudah MATI, dan di berikan kesempatan untuk hidup lagi jangab lupa beri kesaksian ya...
      Agar kami yang masih berziarah di dunia ini tidak berdebat lagi mengenai masalah ini.
      Trimakasih
      GBU

      Hapus