Senin, 10 Agustus 2009

11. AJARAN MEREKA MENGENAI SATU SAMA LAIN

Kebanyakkan orang Barat akan terkejut jika mengetahui bahwa Muhammad dan Al Quran menyatakan rasa hormat kepada Yesus. Setengah bagian pertama dari bab ini kita akan melihat banyak dari ajaran Muhammad berbicara tentang Yesus. Namun, Yesus tidak pernah berbicara secara langsung tentang Muhammad karena Yesus hidup enam ratus tahun sebelum Muhammad lahir. Meski demikian, saya yakin kita dapat memberikan perkiraan apa yang mungkin Yesus katakan tentang Muhammad, berdasarkan ajaran Yesus yang telah kita ketahui. Setengah bagian yang kedua dari bab ini akan menjelaskan tentang hal tersebut.

RASA HORMAT MUHAMMAD BAGI YESUS
Muhammad menggambarkan dirinya dan Yesus sebagai “saudara seiman.”

“Utusan Allah berkata, “Aku adalah orang yang paling dekat dengan Yesus, anak Maria, di antara semua manusia di bumi ini baik yang hidup saat ini maupun yang akan datang. Mereka lalu bertanya, “Utusan Allah, bagaimana hal itu bisa terjadi?” Ia pun menjawab, “Para nabi adalah saudara seiman, karena memiliki ibu yang berbeda. Namun, agama mereka tetaplah satu dan tidak ada nabi lain di antara kami (antara aku dan Yesus Kristus).”

Jadi Muhammad menyatakan bahwa dirinya dan Yesus mempraktekkan agama yang sama. Bagaimana ini? Untuk memahami hal ini dan ajaran lainnya dari Muhammad tentang Yesus, Anda perlu berhati-hati terhadap penjelasan Muhammad mengenai hubungan antara Islam, Kekristenan dan Yudaisme.


Islam, Yudaisme dan Kekristenan

Ingat bahwa Muhammad tinggal dalam kelompok masyarakat yang di dalamnya terdapat orang-orang Yahudi, Kristen dan penyembah berhala. Karena Muhammad menyatakan hanya ada satu Tuhan, sama seperti orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen, ia harus menjelaskan bahwa Tuhan yang satu inilah adalah sama dengan Tuhannya mereka.
Penjelasannya adalah bahwa Islam datang terlebih dahulu, dan Abraham mempraktekkan Islam sebelum Kristen dan dan Yudaisme datang.

“Ibrahim (Abraham) bukanlah orang Yahudi dan bukan pula seorang Kristen, akan tetapi dia adalah seorang Islam yang sejati ... Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim (Abraham) ialah orang-orang yang mengikutinya dan nabi ini (Muhammad) serta orang-orang yang beriman (Muslim).”
--- Surat 3:67-68 ---

Menurut Muhammad, karena Abraham mempraktekkan Islam dan menyembah Allah, semua nabi yang berasal darinya juga mempraktekkan Islam. Al Quran menuliskan banyak daftar nama nabi yang berasal Alkitab, seperti Ishak, Ismael, Yakub, Yusuf, Nuh, Daud, Salomo dan Musa. Bahkan Al Quran juga menyatakan Yohanes (Pembaptis) dan Yesus adalah nabi Allah juga (Surat 4:163; 6:84-86; lihat juga 2:130, 135; 3:95; 4:125, 6:161). Muhammad menunjuk semua nabi sebagai “saudara”, kecuali Abraham yang disebutnya sebagai ayah.

Pertanyaannya adalah, “Jika semua nabi ini mengikuti Islam, darimanakah Yudaisme dan Kekristenan berasal?” Al Quran menyebutkan bahwa orang-orang Yahudi dan Kristen telah menyelewengkan pesan yang disampaikan oleh para nabi, dan sebagai hasilnya adalah agama Yudaisme dan Kristen (Surat 2:75; cf ayat 76-79, Surat 5:13). Oleh karena itu, Kitab Suci orang Yahudi dan Kristen dianggap tidak sah.

Muhammad berkata bahwa wahyu yang diterimanya telah membatalkan Kekristenan dan Yahudi, dan membawa orang-orang kembali kepada agama yang sesungguhnya, yang dipahami dan dipraktekkan oleh Abraham (Islam).
Oleh karena itu, ketika Muhammad berbicara tentang Yesus, ia menganggapnya sebagai nabi Allah yang mengajarkan Islam.

Mari kita lihat beberapa ajaran Muhammad yang secara khusus berbicara tentang Yesus. Kita akan melihat bagaimana ia setuju terhadap Alkitab mengenai beberapa peristiwa di dalam hidup Yesus. Tetapi dalam banyak hal, Muhammad juga bertentangan dengan ajaran Alkitab.

AJARAN MUHAMMAD TENTANG YESUS
Muhammad memberikan banyak pernyataan positif tentang Yesus, khususnya melalui pewahyuan Al Quran. Saya telah menyiapkan daftar ayat lengkap di dalam Al Quran yang menggambarkan keterangan mengenai Yesus, yang disebutkan di dalam Alkitab. Silahkan membaca daftarnya di dalam Appendix D.
Salah satu ayat yang paling signifikan adalah di dalam Surat 3:33-63. Para sarjana Islam mengatakan bahwa Muhammad menyampaikan ayat-ayat ini ketika pada tahun 9 H ia dikunjungi oleh beberapa orang pendeta Krsiten dari Najran, sebuah daerah di dekat perbatasan utara Yaman sekarang. Pendeta ini datang untuk bercakap-cakap dengan Muhammad tentang Islam.

Muhammad lalu berkata kepada mereka, “Jadilah orang Islam.”
Mereka menjawab, “Kami adalah Muslim,” yang artinya, “Bahkan sebelum kami bertemu denganmu, kami menyembah hanya satu Tuhan.” Kemudian Muhammad terus menggambarkan kepada mereka perbedaan antara Islam dan Kristen. Pertama ia menyampaikan kisah tentang kelahiran Maria, ibu Yesus, dan kelahiran Yohanes Pembaptis. (Cerita ini mencakup apa yang diceritakan di dalam Alkitab, tetapi ada juga informasi yang tidak ditemukan dalam Alkitab). Kemudian ia menggambarkan Yesus sebagai berikut:

Yesus lahir dari seorang perawan

“(Ingatlah), ketika malaikat berkata, “Wahai Maryam (Maria), sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan Kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya adalah Al-Masih, Isa Putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan akhirat, dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)... Maryam berkata, “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun.” Allah berfirman, “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya, “Jadilah,” lalu jadiolah ia.”
--- Surat 3:45-47, Lihat juga 4:171 ---

Muhammad tidak hanya menyatakan bahwa Maria hamil ketika ia masih perawan, tetapi ia juga mengatakan bahwa Yesus adalah Mesias. Selanjutnya, Muhammad menyatakan bahwa Yesus melakukan berbagai mujizat.

Yesus melakukan mujizat

“Dan menjadikannya (Isa/Yesus) sebagai rasul kepada Bani Israel (yang berkata kepada mereka), “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mujizat) dari Tuhanmu yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya, dan penderita sakit kusta dan aku menghidupkan orang-orang yang telah mati dengan seizin Allah.”
--- Surat 3:49 ---

Meskipun cerita tentang membuat burung dari tanah tidak ada di dalam kitab Injil, tetapi kata-kata terakhir dari ayat ini secara mengejutkan memiliki kesamaan dengan ucapan Yesus yang dicatat di dalam kitab Matius:

“Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.”
--- Matius 11:4-5 ---

Dengan kata lain, Muhammad setuju dengan Kristen bahwa Yesus melakukan banyak mujizat, bahkan membangkitkan orang mati. (Ini hanya sebagian kecil dari hal-hal positif yang ditunjukkan oleh Al Quran mengenai Yesus. Silahkan lihat Apendix D untuk daftar yang lebih lengkap. Namun demikian, dalam banyak hal Muhammad berbeda dengan catatan di Alkitab. Sebagai contoh, ia mengatakan kepada kelompok pendeta Kristen ini bahwa Yesus menyembah Allah.

Yesus menyembah Allah

“Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalah yang lurus.”
--- Surat 3:51 ---

Muhammad berkata bahwa murid-murid Yesus menyatakan, “Kami adalah umat Islam” (ayat 52) dan menolak menyembah yang lain selain Allah (ayat 53). Dengan kata lain, Muhammad mengatakan bawah para murid menolak untuk menyembah Yesus sebagai Tuhan. Namun demikian, Injil menyebutkan beberapa contoh dari para murid yang menyembah Yesus (Matius 14:33; 28:9; Lukas 24:51-52).
Muhammad menyimpulkan dengan menceritakannya pada tamunya yang beragama Kristen, “Ini adalah kisah yang sebenarnya....” (Surat 3:62). Tetapi, para tamu itu menolak apa yang disampaikan oleh Muhammad.
Sementara khotbah Muhammad kepada para pendeta ini memberikan sudut pandang yang bagus, mari kita lihat beberapa pernyataan dalam Al Quran yang menunjukkan pandangan Muhammad tentang Yesus.

Muhammad katakan Yesus menubuatkan kedatangannya

“Dan (ingatlah) ketika Isa putra Mariam berkata, “Hai Bani Israel, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).”
--- Surat 61:6 ---

Ahmad adalah salah satu dari nama Muhammad, jadi Muhammad berpikir Yesus telah menubuatkan kedatangannya. Namun, Muhammad juga berkata bahwa orang Kristen telah menghilagkan ayat ini dari Kitab Suci mereka. Para Sarjana Islam, telah menyatakan bahwa beberapa ucapan Yesus yang dicatat dalam kitab Yohanes berbicara tentang Muhammad, namun umat Kristen memahami ayat-ayat tersebut menunjuk kepada Roh Kudus (Yohanes 14:16-17, 24; 16:7; lihat juga Appendiks D).

Tuhan tidak punya anak
Umat Kristen yang membaca Al Quran tentu akan terkejut melihat Al Quran begitu sering dan secara spesifik menyangkal bahwa Tuhan bisa mempunyai seorang anak. Sebagai contoh:

“Allah sekali-kali tidak mempunyai anak, dan sekali-kali tidak ada tuhan (yang lain) yang beserta-Nya.”
--- Surat 23:91---

“Katakanlah (Ya Muhammad): “Jika (Allah) adalah yang Maha Mulia itu mempunyai anak, aku akan menjadi orang pertama yang menyembahnya.”
--- Surat 43:81, terjemahan Ali ---

“Janganlah kamu mengatakan, “(Tuhan itu) tiga,” berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak.”
--- Surat 4:171 ---

Tidak seharusnya Yesus disembah
Menurut Al Quran, Allah akan menanyai Yesus pada Hari Kebangkitan, “Apakah engkau berkata kepada orang-orang, ’Sembahlah aku dan ibuku sebagai dua Tuhan selain Allah?”
Yesus akan menjawab, “Tidak pernah aku berkata kepada mereka, kecuali seperti yang Engkau (Allah) perintahkan aku untuk sampaikan, ’Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu’” (Surat 5:116-117; lihat juga ayat 72).
Muhammad berkata bahwa orang Kristen salah karena menyembah Yesus.

“Aku mendengar Nabi berkata, “Jangan terlalu membesar-besarkan dalam menyembahku seperti orang Kristen menyembah anak Maria, karena aku hanyalah seorang hamba. Jadi panggil saja aku hamba Allah dan rasul-Nya.”


Yesus tidak bangkit dari kematian
Bicara tentang mereka yang berkata bahwa mereka telah menyalibkan Yesus, Muhammad mengatakan:

“mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka.... tetapi yang sebenarnya, Allah telah mengangkat Isa kepadanya.”
--- Surat 4:157-158 ---

Dengan kata lain, Muhammad berkata bahwa sebagai gantinya disalibkan, Yesus telah diangkat secara langsung kepada Allah.

KESIMPULAN
Ajaran Muhammad tentang Yesus, khususnya yang berasal dari Al Quran, secara terus menerus mengatakan hal-hal yang positif dan menekankan hal yang sama dengan yang di dalam Alkitab. Namun, wahyu di dalam Al Quran juga berulang kali menyangkal salah satu pernyataan penting yang telah dibuat oleh Yesus, yaitu bahwa ia adalah Anak Tuhan. Kelompok Nestoria dan Ebionite di Arab yang hidup pada masa Muhammad, juga menegaskan kenabian Yesus meski mereka menolak keilahiannya. Islam menyatakan Yesus adalah salah satu nabinya, dan Muhammad mengatakan bahwa Yesus telah menubuatkan tentang kedatangannya.

AJARAN YESUS TENTANG MUHAMMAD
Ijinkanlah saya menyatakan sejak awal, bahwa bagian tentang Yesus ini hanya ditulis sebagai sebuah opini. Yesus tidak mengajarkan tentang Muhammad secara langsung karena ia hidup enam ratus tahun sebelum Muhammad. Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa yang menjadi ajaran Yesus untuk dapat mengetahui tentang Muhammad. Menurut pendapat saya, Yesus akan mempertanyakan kenabian Muhammad dalam tiga hal, yaitu (1) tindakan Muhammad terhadap orang lain, (2) gambaran Muhammad tentang persyaratan untuk menyenangkan Tuhan, (3) gambaran Muhammad tentang sifat Tuhan.

Tindakan Muhammad terhadap orang lain
Yesus mengajarkan orang banyak, “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu .... Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka .... Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.” (Matius 7:15-17)
Buah dari kehidupan seseorang adalah perbuatannya, jadi mari kita pikirkan tentang buah-buah Muhammad. Dengan keahlian perang, berdebat, dan mengintimidasi, Muhammad telah menaklukkan seluruh wilayah Arab ke dalam otoritas Islam. Selama proses tersebut, pasukannya telah membunuh ribuan orang. Muhammad dan tentaranya telah mengambil harta dan menjual para perempuan serta anak-anak mereka untuk menjadi budak.
Anda dapat mengatakan bahwa Muhammad berperang demi kelangsungan hidupnya dan agama Islam. Tetapi argumentasi itu hanya bertahan sesaat. Ketika Muhammad telah memperoleh kekuasaan, ia mulai bersikap agresif terhadap orang-orang yang bahkan sama sekali tidak menjadi ancaman baginya.
Sebagai orang yang telah mempelajari sejarah Islam secara mendalam, saya tidak dapat menyangkal mengenai kenyataan hidup Muhammad. Kehidupan Muhammad mengingatkan saya tentang gambaran penjahat yang dikatakan oleh Yesus yang datang untuk mencuri domba. “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan,” (Yohanes 10:10). Inilah buah dari kehidupan Muhammad.
Dengan standar ini, saya yakin bahwa jika Yesus bertemu dengan Muhammad, ia akan menyebut Muhammad dengan nabi palsu.

Syarat untuk menyenangkan hati Tuhan
Baik Injil Matius maupun Lukas mencatat tentang ucapan Yesus yang memarahi ahli-ahli Taurat dan imam kepala. Salah satu keluhan Yesus adalah karena mereka membebani orang dengan hukum Taurat tanpa membawa mereka lebih dekat kepada Tuhan.
Yesus memanggil mereka “pemandu buta”. Mengapa mereka dikatakan pemandu yang buta?

“Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang,”
--- Lukas 11:46 ---

Para ahli Taurat meminta orang-orang untuk mengikuti aturan yang sulit dalam kehidupan dan doa sehari-hari. Dengan cara yang sama, Muhammad meminta orang-orang untuk mengikuti aturan hukum Islam yang sangat memberatkan (berpuasa, membayar pajak, bersembahyang lima kali sehari, naik haji ke Mekah, dan menjalankan huku-hukum Islam lainnya) untuk menyenangkan hati Tuhan.

Hukum ini memberikan beban yang berat kepada orang-orang dan lebih memperhatikan apa yang kelihatan di luar. Yesus menantang mereka yang terpusat pada hukum Taurat, “Kamu ... membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan.” (Lukas 11:39). Yesus menentang orang-orang Yahudi yang saleh yang berdoa panjang sementara mereka merampasi rumah janda-janda.
Saya yakin, Yesus akan mengatakan hal yang sama kepada Muhammad yang telah mengajarkan umat Islam untuk mencuci tubuh bagian luar mereka lima kali sehari sebelum sembahyang, tetapi pada saat yang sama mengajak mereka untuk memerangi semua orang Arab dan menggunakan keserakahan mereka sebagai alasan untuk berperang dan memotivasi mereka untuk mengorbankan nyawa mereka. (Lihat juga Matius 15)

Yesus mengatakan belas kasihan Tuhan lebih berkuasa daripada hukum Taurat. Ia memarahi para pemimpin agama yang mengikuti aturan tetapi melupakan belas kasihan Tuhan. Sebagai contoh, Yesus melanggar aturan orang Yahudi dengan “bekerja” pada hari Sabat untuk menyembuhkan seorang perempuan yang bungkuk punggungnya (Lukas 13:10-17).
Saya percaya Yesus juga akan memarahi Muhammad karena berpusat kepada persyaratan yang salah untuk menyenangkan hati Tuhan.

Sifat Tuhan
Saya percaya Yesus akan berkata kepada Muhammad, “Siapakah Tuhanmu? Tuhan yang kamu gambarkan benar-benar berbeda dengan Tuhan yang aku kenal.” Al Quran mengatakan bahwa Tuhan dalam Islam bekerjasama dengan setan dan iblis untuk mengajak orang-orang masuk ke neraka (Surat 6:39, 126; 43:36-37). Sebaliknya Alkitab mengatakan bahwa Tuhan mencintai dunia ini dan tidak menginginkan satu orangpun binasa (Yohanes 3:16-17).
Yesus menggambarkan bahwa Tuhan itu kasih; Muhammad (melalui wahyu Al Quran) menggambarkan Tuhan sebagai Tuhan yang suka menghukum. Jika Anda mencari dalam Perjanjian Baru kata hukuman/menghukum/dihukum Anda akan menemukan 15 contoh tentang orang-orang tidak percaya yang dihukum di neraka. (Perjanjian Lama memiliki 159 contoh dari kata ini).

Tetapi, jika Anda mencari di dalam Al Quran (yang lebih sedikit dari Perjanjian Baru) untuk kata hukuman/menghukum/dihukum, Anda akan menemukan 379 contoh. Ayat-ayat ini menggambarkan bagaimana Allah menghukum berbagai macam orang dan dosa.
Anda juga dapat mencari kata kasih di dalam Al Quran dan menemukan 82 contoh. Jumlah ini termasuk cukup baik. Tetapi jika Anda secara acak melihat kepada konteksnya, Anda akan menemukan gambaran yang menunjukkan bahwa Allah sebenarnya tidaklah penuh KASIH. (Bab 14 akan menjelaskan lebih banyak lagi mengenai ajaran dalam Al Quran mengenai kasih).

Jika Anda mencari melalui komputer untuk kata kasih di dalam Perjanjian Baru, Anda akan menemukan 260 ayat. Sekitar sepertiga dari ayat-ayat ini berbicara tentang cinta kasih Tuhan bagi anak-Nya atau umat-Nya. Kurang lebih setengahnya memberikan gambaran tentang orang-orang yang mencintai Tuhan atau sesamanya. Dan selebihnya adalah penggunaan kata cinta dalam konteks pengajaran, sebagai contoh, “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang” (1 Timotius 6:10). Hanya satu ayat yang berbicara tentang Tuhan tidak mencintai seseorang atau sesuatu (Roma 9:13).
Tentu saja, seseorang dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa konsep cinta kasih lebih sering digunakan dalam masyarakat pada zaman Yesus daripada masyarakat pada zaman Muhammad. Namun, di atas semua itu, angka-angka di atas menunjukkan betapa berbedanya sifat Tuhan yang digambarkan oleh Muhammad dengan yang digambarkan oleh Yesus.
Saya yakin, Yesus akan mempertanyakan gambaran Muhammad tentang Tuhan.

Tanggapan Yesus terhadap setan
Akhirnya, mari kita melihat kisah hidup Muhammad yang telah banyak diketahui, yang menunjukkan sisi kemanusiaannya. Dalam Kekristenan, adalah sebuah penghinaan yang sangat besar apabila orang percaya berada di bawah pengaruh kuasa setan. Tetapi, sudut pandang umat Islam berbeda. Hal itu tidak dianggap sebagai kehilangan iman. Malahan, dalam salah satu kisah di hadits, Muhammad memberitahukan Aisah bahwa ia terkena sebuah “mantera.”

“Aisah bercerita bahwa seorang Yahudi yang berasa dalam Bani Zuraiq yang bernama Labid bin al-A’sam mengucapkan mantera kepada utusan Allah sehingga akibatnya ia (ketika berada di bawah pengaruh mantera) berpikir bahwa ia telah melakukan sesuatu, padahal kenyataannya tidak. (Hal ini berlangsung terus) sampai suatu hari atau pada suatu malam utusan Allah menaikkan doa permohonan (untuk menghilangkan pengaruhnya). Ia menaikkan doa permohonan dan melakukannya lagi.”

Hal ini ditunjukkan dalam pewahyuan Surat 7:200

“Dan jika kamu ditimpa suatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah”
--- Surat 7:200 ---

Jika Muhammad benar-benar terganggu dengan kuasa setan, dan ia datang kepada Yesus untuk meminta tolong, kita dapat memperkirakan apa yang akan Yesus lakukan. Yesus akan mengusir setan itu keluar, seperti yang telah ia lakukan kepada yang lainnya.

KESIMPULAN
Yesus mengingatkan bahwa nabi-nabi palsu akan datang dan ia memberitahu para pengikutnya untuk mengenali mereka melalui perbuatan yang baik ataupun buruk dari para nabi palsu tersebut. Ketika Yesus menemui para pemimpin agama yang menekan orang banyak, ia memarahi mereka. Saya yakin informasi ini memberitahukan kita bagaimana Yesus akan bersikap kepada Muhammad.
Sekarang kita telah melihat pada ajaran Yesus dan Muhammad yang sama-sama menyatakan dirinya seperti apa, dan apa yang mungkin akan dikatakan terhadap satu sama lain. Sekarang mari kita kembali pada subyek ajaran yang spesifik, khususnya tentang penyembuhan dan mujizat.

33 komentar:

  1. Anda melihat alquran itu apakah ucapan Muhammad atau sejenis ajaran Muhammad? Anda menjelaskan seolah-olah semua isi alquran adalah ucapan Muhammad. Alquran adalah saduran dari alkitab kristen, dan Muhammad banyak menambahkan sesuai dengan kemauannya isi alquran. Baca :
    (Muhammad tidak hanya menyatakan bahwa Maria hamil ketika ia masih perawan, tetapi ia juga mengatakan bahwa Yesus adalah Mesias. Selanjutnya, Muhammad menyatakan bahwa Yesus melakukan berbagai mujizat). Berarti menurut anda semua isi alquran adalah ucapan atau ajaran muhammad? Semua yang positip di alquran adalah saduran si muhammad dari alkitab kristen, semua yang negatif adalah asli 100% buatan si muhammad. Jangan lakukan penyesatan lagi, karena anda akan mendapat bagian anda.

    BalasHapus
  2. Sy bahagia punya Jesus . Sy percaya hanya kepada Jesus Kristus . Karena Dialah Tuhan yg sudah mati bagiku . Sy percaya kepadanya krn Dia berasal dari Allah . Bukan berasal dari debu . Jesus tidak pernah meminta supaya umatnya berdoa untuk Dia supaya diselamatkan . Tapi muhammad minta didoakan krn dia tidak yakin akan keslamatan dia . Kalau dia adalah nabi , Knp dia tidak yakin dengan keselamatannya ? Knp dia minta didoakan dr umatnya setiap kali umatnya sembahyang ? Sy bangga punya Tuhan Jesus yg selalu mengajarkan kasih . Sy tidak bangga kepada org yg mengajarkan kekerasan . Buah tidak pernah jatuh jauh dr pohonnya . Lihat FPI ( front pembela islam ) yg menghakimi org lain dengan kekerasan . Smua yg dilakukan dgn kekerasan . Bukan dengan KASIH . Ajaran yg baik adalah Ajaran yg mengajarkan KASIH . Bkn dengan kekerasan .. Janganlah bangga dgn kekerasan , krn KIAMAT/hari Tuhan sdh dekat . Bertobatlah dan percayalah pada kebenaran yg berasal dr TUHAN JESUS . Maka anda akan selamat . DIA yg akan datang saat KIAMAT tiba , bukan muhammad . Itu pertanda JESUS ADALAH TUHAN .

    BalasHapus
  3. waduh saya setuju dengan dengan hati pak frak dan josran,masing masing punya keteguhan,Tuhan cuma satu kok dan ga perlu diperdebatkan kaya penulis diatas,saya beragama kristiani juga ga setuju dengan penulisan diatas,karena dia cuma manusia biasa yang menafsirkan dengan akal sehat manusia biasa jadi bs error jg kan,yah saya pikir penulis diatas boleh berpendapat tp jangan utarakan didepan umum kayak gini,karena ga pantes aja,dan wajar sodara kita yg memeluk agama islam tidak terima,

    sya pikir urus hati dan iman kita masing2,percuma juga kalau kristen tp kelakuan tidak mengisyaratkan ajaran kristen,begitu juga saya pikir dengan umat islam sendiri.

    walau pun menurut umat islam bahwa kristen sudah salah menTuhankan Yesus,biarkan lah mereka yang umat kristen yang mengimani,toh dosa bukan ditanggung orang lain ibu sodara tp dosa ditanggung oleh diri kita masing2,begitu juga walaupun umat kristen menganggap nabi muhamad adalah nabi palsu,biarkan mereka yang umat islam yang mengimani,
    kalau saya pikir Tuhan tidak segampang dan sedangkal seperti pikiran kita masing2, kenapa harus diciptakan agama kristen sebelumnya kenapa harus diciptakan islam, kalau emang mau gampang gampang aja kenapa ga dibuat aja dari jaman adam itu satu agama ampe sekarang,beres pasti itu ga bakal ada hujatan kayak sekarang ampe kita berani saling menghujat nabi masing2,tapi itu lah Tuhan dikumpulkan seluruh otak manusia didunia ini ga akan bisa menafsirkan bahkan menelusuti Kehendaknya.

    jadi buat penulis diatas sy hargai pendapat anda tapi TOLONG HARGAI UMAT ISLAM yang hidup saling berdampingan,kalau anda bilang agama islam menanamkan KEBENCIAN seperti dalam penulisan diatas,saya pikir ANDA SEBAGAI ORANG KRISTEN SAAT INI JUGA SEDANG MENANAMKAN KEBENCIAN terhadap umat islam.

    maaf kalau ada sala perkataan dan menyinggung orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya anda berterimakasih pada penulis karena memberikan ilmu yang selama ini sering kita salah mengerti.
      Banyak orang bilang termasuk saya sebelum membaca ini menganggap bahwa semua agama sama mengajarkan yang baik kalau ada yang jahat seperti teroris itu hanya karena pribadinya masing2 yang jahat.
      Setelah membaca artikel ini jadi terbuka mata membaca qur'an dan alkitab juga hadist.

      Jadi saya sadar banyak manusia disekitar saya yang telah buta hati dan pikirannya seperti saya sebelumnya. SELAMATKAN MEREKA KARENA ITU SAUDARA YANG KITA KASIHI

      Hapus
    2. anda . kita punya keyakinan sendiri . sebagaimana kita menyakini suatu agama yang kita anut. dengan mempostingkan tulisan atas anda sudah tidak menghormati agama orang lain. setiap agama melarang umat nya menghujat agama kepercayaan orang lain. kenapa anda sebagia umat nya malah menghujat kerpercayaan orang lain. hormati kepercayaan yang di anut orang lain. maka orang lain menghormati anda

      Hapus
  4. Islam tidak memusuhi Kristen malah islam sangat mengahargai Isa Almasih... islam hanya tidak setuju tentang ke Ilahian yesus.. si penulis ini dapat sumber dari mana tentang riwayat hidup Nabi Muhammad..bukannya dia lulusan Al-Azhar? al-azhar mana nih..? orang stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam tidak memusuhi kristen cuman melarang beribadat dan membakari gereja aja.
      Islam adalah agama yang toleran saling bunuh sesama islam karena beda aliran seperti sunny dan siyah.

      Hapus
    2. bung, berbuat baik jauh lebih penting menurut saya.

      Hapus
  5. gajah di raba oleh bbrp orang buta pada , kesimpulannya berlainan. tetapi kemudian mereka bertukar tempat untuk meraba bagian lain. bertukar tempat berulang kali.sampai ketempat pertama ia meraba. apakah kesimpulannya tetap sama? lalu mereka saling mengutarakan pendapat, lalu meraba satu bagian bersama-sama, bertukar tempat bersama - sama, sampai kembali ketempat pertama bersama- sama.

    BalasHapus
  6. Muhamad bersabda :
    “mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka.... tetapi yang sebenarnya, Allah telah mengangkat Isa kepadanya.”
    --- Surat 4:157-158 -

    Muhamad tidak tau Yesus mati disalib karena gak pernah baca injil dan memang di buta huruf, dia hanya mendengar cerita orang2 disekitar dia yang membohonginya maka diturunkan ayat seperti itu dalam qur'an.

    BalasHapus
  7. waduh ulah dajjal kembali beraksi . ternya masih banyak orang2 menyesatkan . ga punya otak ni orang. urus aja diri sendiri n agama lu . udah hidup bener ga?! dasar dajjal lu

    BalasHapus
  8. saya setuju dengan Orin do..
    saya seorang Khatolik, dalam postingan penulis (di bagian kisah hidupnya), saya sudah menceritakan. Saya dibesarkan dalam lingkungan Khatolik dan Muslim, saya memiliki banyak saudara Pengukit Isa dan Muhammad. Tetapi kami hidup berdampingan dengan damai, karena kami saling menghargai. Jika ada masalah, itu pun tidak lain karena kami juga hanya manusia. Kami bersaudara dengan keyakinan kami masing-masing, kami hidup damai dengan perbedaan kami, kami saling membantu sekalipun pada hal-hal yang bersifat keagamaan.

    Saya punya sebuah cerita, saya harap ini bisa membantu.
    Saya pernah membaca suatu artikel, karena tertarik saya kemudian membeli filmnya.
    Ini tentang Aliran Budha, saya menemukan banyak hal yang menerangkan bahwa Budha adalah termasuk satanisme. Kemudian saya mengajak salah seorang teman saya untuk ikut memahami hal ini (teman saya seorang Muslim). Berdua kami mengumpulkan banyak informasi tentang Budha. Singkat cerita, kami (saya & teman saya) sepakat, bahwa Budha juga mengajarkan kebaikan.
    Semua ajaran di dunia ini (menurut kami) mengajarkan bagaimana kita - sebagai manusia - dapat berbuat baik, hanya saja cara yang membuat semua terlihat berbeda.


    Kita percaya, hanya ada satu Tuhan, marilah kita mendekatkan diri kepada Tuhan salah satunya dengan saling menghargai dan berbuat baik.

    BalasHapus
  9. Maaf..siapapun yang ngarang bhw Al-Qur'an adalah karangan MUHAMMAD SAW. berarti dia sudah berdusta besar. Bagaimana mungkin..seorang insan yg Ummi alias buta aksara..akan mampu mengarang ayat2 super hebat yang menjelaskan tentang segala sesuatu..baik yang terdahulu.. sekarang dan masa yang akan datang dgn akurat.?
    Bagaimana mungkin seorang yang buta aksara..nabi yang tidak bisa menulis dan membaca..mampu menjelaskan tentang teory Big Bang dgn bgtu akuratnya..?

    Sang pengarang buku ini.. pastilah cuman berasumsi atas dasar opini pribadi shgga mengentengkan persoalan menurut apa dia inginkan semua orang setuju..! Terlalu..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak tahukah kamu bahwa Muhammad punya ipar bernama Waraqa bin Neufal yang merupakan pemuka agama Nasrani. dari sanalah Muhammad belajar tentang taurat dan injil... Dan mungkin stelah menguasai semua itu Muhammad menggunakan untuk membuat Quran yg mungkin notabene hasil karangannya sendiri....

      Hapus
  10. INGIN TAU APA KATA AL-QUR'AN TENTANG ISA ALMASIH YANG HANYALAH SEORANG NABI UTUSAN ALLAH BAGI KAUM BANI ISRAEL..??

    MAT.15:24
    > Jawab Yesus: "Aku DIUTUS... HANYA kepada domba-domba yang hilang dari UMAT ISRAEL..!!

    -------
    DAN..YESUS (ISA ALMASIH) PUN BERSYAHADAT
    Salah satu ajaran yang hilang dari christian itu ialah SYAHADAT.
    Banyak sekali ummat christian tak mengamalkan SYAHADAT.
    Padahal ini diajarkan dalam alkitab yang ditangan mereka. kami tak asal bicara saja, semua harus ada bukti, dan bukti terkuat ialah alkitab.
    JESUS SAJA SYAHADAT, KENAPA UMAT CHRISTIANI TAK BER-SYAHADAT?
    Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, SATU-SATUNYA ALLAH YANG BENAR, dan mengenal YESUS KRISTUS YANG ENGKAU UTUS.
    Ayat ini, yang kami tuliskan bagi dalam huruf besar, coba diubah dalam bahasa arab:
    TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH – ISA UTUSAN ALLAH
    LAA ILAAHA ILLALLAH – ISA RASULULLAH
    Apakah ayat ini bermakna Tuhan itu 3 tapi 1??? Atau Tuhan 1 tapi 3?
    Apakah ayat ini bermakna Tuhan itu TRINITAS???
    Apakah ayat ini bermakna TUHAN ITU JESUS???
    TENTU JAWABNYA ADALAH ….OH TIDAAAK!!
    Ayat ini bermakna SATU-SATUNYA TUHAN ITU CUMA ALLAH, !!
    JESUS HANYA UTUSAN ALLAH, TIDAK BEDANYA DENGAN NABI MUSA, NABI-NABI TERDAHULU DAN PARA MALAIKAT YANG JUGA UTUSAN ALLAH.
    UTUSAN RAJA ITU BUKAN RAJA…
    UTUSAN ALLAH PUN BUKAN ALLAH
    Utusan Allah itu dapat dari golongan malaikat maupun manusia, tapi yang jelas “UTUSAN ALLAH” itu bukan ALLAH. Sekali lagi kami tidak hanya asal bicara tanpa bukti, semua ada buktinya. Mari kita lihat benar tidak buktinya:
    1. Malaikat ialah Utusan Tuhan, berarti Malaikat BUKAN Tuhan
    Lukas 1:26. Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,
    APAKAH INI BERARTI MALAIKAT JIBRIL ITU TUHAN???
    Lukas 1:19 Jawab malaikat itu kepadanya: “Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.
    APAKAH INI BERARTI MALAIKAT JIBRIL ITU TUHAN???
    QS.35 Faathir:1. Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan yang mempunyai sayap,…
    APAKAH INI BERARTI PARA MALAIKAT ITU TUHAN???
    Qs.19 Maryam:19. Ia (jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”.
    APAKAH INI BERARTI MALAIKAT JIBRIL ITU TUHAN???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah kenapa Trinitas tidak bisa dimengerti oleh pengetahuan manusia sekalipun karena anda hanya menggunakan satu ayat untuk mendukung argumen anda seperti dikatakan di
      Yohanes 3:16
      “telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” . Itu mengartikan Tuhan telah mengorbankan Anak-Nya yang Tunggal yaitu Yesus Kristus untuk menebus dosa setiap manusia dan itu mendukung Trinitas dari Tuhan Yesus sendiri... GBU

      Hapus
  11. @@ ISA ALMASIH ADALAH SEORANG NABI YANG MUSLIM.

    YESUS dan ISA merupakan nama dari seseorang yang sangat agung.

    Tatkala kita menyebut Yesus :-)
    maka itu akan merujuk pada oknum manusia yang "MATI DISALIB" yang konon menurut kaum yang menyembahnya, katanya adalah untuk menebus dosa manusa.
    Sedangkan jika kita menyebut ISA ALMASIH akan merujuk pada seorang TOKOH NABI SUCI kaum bani Israel yang lolos dari makar dan upaya penyaliban kaum yahudi dan sama sekali BUKAN oknum penebus dosa manusia.
    Untuk mengetahui siapa YESUS atau ISA maka kita harus mengetahui NAMA ASLI orang ini. Karena Yesus merupakan nama yang SUDAH TERDISTORSI. :-)

    @@ Nama Asli Yesus/Isa adalah = Esau/Yoshua.
    ARAB = Eesa=Isa
    YAHUDI= Esau
    LATIN =Yesus=(Y)esau(S)=(Y)esu(S)
    IBRANI=Yeshua/Yehosyua;
    ARAM = Eesho/Eesaa
    @ Bahasa Asli Yesus yaitu Aram yang termasuk dalam rumpun Semit (Yahudi dan Arab) yang
    mempunyai kemiripan nama sebagai >> Eesa (Arab), > Esau (Yahudi) dan > Yeshua/Yehosyua (Ibrani)
    YESUS = Anak Allah = disalib dan mati = menebus dosa manusia.
    ISA = Hamba Allah = tampak disalib & hidup = BUKAN penebus dosa manusia.
    Jadi Yesus dan Isa memiliki 2 sudut pandang.

    Yang mana 2 sudut pandang inilah yang menjadi PANGKAL PERSENGKETAAN akan jati diri Yesus antara Islam dan Kristen.
    Jika kita membaca kisah ISA di Al-Quran maka kita akan menemukan kekonsistenan tentang jati diri ISA sebagai hamba Allah yang tunduk dan sujud pada Allah layaknya nabi-nabi yang lain seperti MUHAMMAD, MUSA, IBRAHIM dll.
    Sedangkan jika kita membaca Al-Kitab (Injil Sekarang) maka kita akan menemukan KETIDAK KONSISTENAN tentang jati diri YESUS. Tapi jika dirumuskan dan diprosentasekan maka kita akan bisa menarik kesimpulan bahwa sebenarnya layaknya kisah di Al-Quran, YESUS hanyalah hamba Allah yang tunduk dan sujud.
    Jadi bagi kita yang dihadapkan oleh 2 sudut pandang tersebut, manakah yang benar, maka kita harus menggunakan pemikiran yang NETRAL diluar dogma dan doktrin dari kedua agama tersebut.

    YESUS MENURUT AL-QUR'AN
    KELAHIRAN
    [maa kaana lillaahi an yattakhidza min waladin subhaanahu idzaa qadaa amran fa-innamaa yaquulu lahu kun fayakuunu]
    ...Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: KUN-"Jadilah", maka FAYAKUN-“jadilah ia”. (QS Maryam [19]: 35)
    [idz qaalati almalaa-ikatu yaa maryamu inna allaaha yubasysyiruki bikalimatin minhu ismuhu almasiihu 'iisaa ibnu maryama wajiihan fiiddunyaa waal-aakhirati waminalmuqarrabiina]
    (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih ISA putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), ﴾ QS Ali Imran [3]:45)

    BalasHapus
  12. ~ "Dan (ingatlah kisah) MARYAM yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam (Al Anbiyaa': 21)
    (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya ALMASIH ISA putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah). (Ali 'Imran: 45)
    Jibril berkata; "Demikianlah". Tuhanmu berfirman: "Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan". (surat Maryam: 21)
    Sesungguhnya MISAL (penciptaan) ISA di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) ADAM. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya KUN-"Jadilah" (seorang manusia), maka FAYAKUN-jadilah dia. (QS Ali Imran: 59)
    Itulah proses kelahiran Yesus (Nabi Isa) yang sangat misterius dan penuh mukjizat.
    Ada yang beranggapan beliau lahir dari seorang perawan, ada yang beranggapan beliau lahir seperti kelahiran yang dialami Yohanes dalam proses kelahiran (dilahirkan dari sepasang bapak ibu yang seharusnya tidak bisa melahirkan),

    @@ Proses kelahiran yang menakjubkan ini membuat banyak perdebatan, bahkan ada yang menganggap bahwa sesuai dengan silsilahnya bhw Yesus adalah anak hasil Zina..?.

    BalasHapus
  13. KENABIAN
    Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu). (Al Maa'idah [5]: 75)
    ISA Almasih BUKAN Tuhan menurut Allah dan menurut pengakuan ISA almasih sendiri.Berkata Isa putra Maryam:
    "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali (pada hari kebangkitan)". Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia. (QS Maryam: 30-35)

    ~ "Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: "Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada) ku". Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang terdapat) di antara mereka, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zalim yakni siksaan hari yang pedih (kiamat). (QS Az Zukhruf: 63-65)

    BalasHapus
  14. KENABIAN
    ~ "Al Masih putera Maryam itu HANYALAH seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu). (Al Maa'idah [5]: 75)

    ISA Almasih BUKAN Tuhan menurut Allah dan menurut pengakuan ISA almasih sendiri.

    Berkata Isa putra Maryam:
    ~ "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali (pada hari kebangkitan)". Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia. (QS Maryam: 30-35)

    @ Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata:
    ~ "Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada ALLAH dan taatlah (kepada) ku". Sesungguhnya Allah DIAlah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang terdapat) di antara mereka, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zalim yakni siksaan hari yang pedih (kiamat). (QS Az Zukhruf: 63-65)

    Sesuai dengan sabda Yesus dalam bibel
    LUK 4:8
    Tetapi Yesus berkata kepadanya:
    ~ "Ada tertulis: Engkau HARUS MENYEMBAH Tuhan, ALLAH-mu, dan HANYA kepada DIA sajalah engkau berbakti.O:)

    MRK 12:29
    > Jawab Yesus: "HUKUM yang TERUTAMA ialah: Dengarlah, Hai orang ISRAEL, Tuhan ALLAH kita, Tuhan itu ESA O:).

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANDA telah mmbuka jln anda utk kebenaran yaitu tentang lukkas 4 ayat 8,,,dimana YESUS sedang dicobai oleh.iblis,,,tp baca pula lukkas 4 _12 Yesus menjawab iblis_Jgnlah mencobai Tuhan Allahmu lalu iblis diam,,,,dlm kontes ini yg sedang di cobabai iblis adalah sosok Yesus yg sering dibilang kaum muslum bahwa Yesus itu bkn Tuhan...akan tetapi perhatikan jawaban Yesus(jgn engkau cobai Tuhan Allahmu) lalu iblis mundur dlm arti tdk protes klo Yesus mengklaim diriNya Tuhan dan Allah...tp kog manusia yg serba terbatas tdk mengakui YESUS sbgai Allah dan Tuhan,,,pada hal iblis saja mengakui klo Yesus itu adalah ALLAH dan Tuhan,,,Disini klo kita peka ,Bahwa Yesus tlah mmbuka diri klo Dia adalah Allah dan Tuhan,,sbb yg sedang dicobai adalah Yesus,,,lalu YESUS berkata Jgnlah engkau cobai Tuhan ALLAHMU,,ayat yg luar biasa,,,trima kasih kepada Yesus mmbuka diriNya adalah Tuhan ..yohanes 13 ayat 12 _14 jg pengakuan Yesus sebagai Tuhan...apa lagi saudaraku.yg mmbuat hatimu ragu menerima Yesus sbgai Juruslamatmu!?Salam Kasih Yesus Kristus

      Hapus
  15. saya hanya sedikit menambah lihat yang terjadi di dunia ini ,, ajaran apa saja yang membenci ajaran kristen?
    Yahudi , paganisme, freemason atau sekte setan dan Islam . Jadi pertanyaan yang ada di otak kalian seharusnya mengapa semua ajaran itu membenci kristen dan ingin menghancurkan kristen ? ada apa dengan kristen dan 4 ajaran itu ?

    BalasHapus
  16. ms farizi...pie to ms.. kg iso ngmg Yesus ki islam.... lha wong Dia hidup 600 tahun sdurunge mohamad lahir kg... wlahhh ms2... islam.lahir kpn ki reti ora to ms2.... hadeh...
    becak tanpo pelg.... ms ms...

    BalasHapus
  17. kalau kamu cek sistim susunan angka 19 luar biasa, coba kamu dengar bunyi ayat/langgamnya bunyi ayat sangat harmonis, punya khas ditiap ayat sesuai konteknya, cth bunyi ayat :

    Al-ikhlas:qulhalla hu ahad allahussamad lam yalid walam yulad walam yaqullahu kufwan ahad,

    Annas: qual auzubirabbinnas malikinnnas ilahinnas minsyarril waswasilkhannas, dst.. nas..nas,

    azzuha wallaili iza sajama waddaakarabbuka wama kala dst,

    Semua ayat Alquraan disusun bunyinya yang dsangat khas dan harmoni di tiap-tiap ayat, kl pun kamu kafir buta arab minimal kamu tau jika mau perhatikan bunyinya ketika iman sholat dimesjid, ngupiiing...lah, br tau kehebatan susunan bunyi Al-Quran!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. HARMONIS!?Adapun mesjid anda bikin ribut dan tdk kenal waktu terlebih tdk mengjargai orang lain,,,hrskah pake toa utk berdoa,pikirkanlah agama anda ini slalu menjadi gangguan,,tdk di mesjid tdk di jln bikin drum,,,agama yg lain tdk mengganggu seperti anda tp anda usik beribadah,,,taukah anda itu sifat siapa!? sifat iblislah sifat menguasai dunia,,,sampe kekuasaan dunia pun ditawarkan.kepada Yesus,,,sementara yg punya jagad raya ini adalah yg di cobai itu...sifat sok menguasai dunia adalah kepribadian iblis

      Hapus
  18. setan alas yang tak bermanfaat...aku tantang kamu debat dengan aku.....yesus bukan tuhan sedikit aku komentari satu di antara sebagian ayat tuhan tak mempunyai anak 43:81. Katakanlah, jika benar Tuhan Yang Maha Pemurah mempunyai anak, maka akulah (Muhammad) orang yang mula-mula memuliakan (anak itu)...perhatikan maknananya..ada tekanan jika..umpama ababila Tuhan mempunyai anak maka aku muhammad maka akulah muhammad mula mula atw dia yamg akan pertama memulikan anak itu...kenapa muhamad berkata demikian...karna memang Tuhan tak mempunyai anak...kamu dapat mengerti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KLO km bawa ayat dari quran pastilah tdk berpihak kepada Yesus...terlalu polos ah anda ini,,,dewasalah km mencari kebenaran,, dan tak perlu kata2 menantang,,,krn arogan dan berasumsi utk ribut,, dan hal itu sifat yg bkn dr Tuhan,,,sifat Tuhan damai dan penuh kasih dan lembut...sebaliknya iblis garang sok jago dan sok tau,tapi kosong otaknya,,jgn mau saudaraku diperalat iblis sebagai wujudnya,,,salam kasih

      Hapus
  19. Jadi, dalam Kristen Tuhan sebenarnya itu hanya ada SATU. Mengenai Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus, mereka itu hanyalah ada 1, itu hanyalah penyebutan saja yang berbeda. Seperti seorang guru, di sekolah dia memang dikenal sebagai guru, tapi di rumah ia adalah ayah atau ibu bagi anak-anaknya. Seperti itulah Tuhan yang digambarkan dalam ajaran Kristen. Jadi Tuhan yang sebenarnya bagi Kristen hanya ada 1, dan Kristen juga menentang penyembahan kepada 3 Tuhan. Dalam Yohanes 1 : 1 disebutkan 'Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah, dan Firman itu adalah Allah. Bukankah Tuhan Yesus adalah Firman Allah itu? Bukankah juga itu berarti ia adalah Allah sendiri? Dalam Yohanes 10 : 30, Tuhan Yesus juga bersabda 'Aku dan Bapa-Ku ialah satu'.Dan untuk Allah Roh Kudus, hal itu sudah dijankikan Tuhan Yesus dalam Injil, mengenai akan hadirnya seorang penolong yaitu Roh Kudus. Roh Kudus sebenarnya merupakan Roh Allah sendiri yang sudah ada sebelum dunia ini diciptakan, kita bisa baca dalam Kejadian 1. Dan untuk Yesus sendiri, mengapa Ia juga berdoa? Mengapa Ia bisa merasa kesakitan? Mengapa Ia tidak melawan walau disiksa sedemikian rupa? Hal itu hanyalah untuk memberikan teladan bagi hidup kita. Memberikan teladan bagaimana kita harus selalu hidup rendah hati, dan tidak memegahkan diri kita. Dan untuk penyebutan 'Bapa' yang sering Yesus gunakan, itu juga untuk memberi teladan agar kita menganggap Tuhan Allah kita sama seperti Bapa kita. Jadi kita tidak perlu takut atau canggung, sama seperti Bapa yang mengasihi anaknya demikian pula Allah mengasihi kita semua manusia ciptaan-Nya. Lalu mengapa Tuhan Yesus yang merupakan Tuhan Allah sendiri mau mati di kayu salib? Jika Tuhan Yesus tidak mati di kayu salib, Anda dan saya sendiri akan hidup selamanya dalam kegelapan dosa. Dengan kematian dan kebangkitan-Nya mengalahkan maut, Ia sudah memberikan jaminan kehidupan kekal bagi saudara dan saya bila kita selalu hidup seturut kehendak-Nya. Mengapa harus Yesus yang dikorbankan? Karena sekeras-kerasnya manusia berusaha tetap mereka tidak mampu menyelamatkan diri mereka sendiri, karena kodrat manusia sendiri sejak dilahirkan mereka telah memiliki dosa asal yang disebabkan kesalahan Adam dan Hawa. Itulah sebabnya Allah yang penuh kasih itu, mau turun ke dalam dunia, menjadi sama dengan manusia, dan mengambil rupa seorang hamba. Dan dalam keadaan-Nya sebagai manusia Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati sehingga saudara dan saya sudah ditebus oleh kematian-Nya dan dengan kebangkitan-Nya ia telah mengalahkan maut dan memberi saudara dan saya jaminan kehidupan kekal. AMIN

    Tuhan Yesus memberkati saudara

    BalasHapus
  20. menghilangkan ayat dalam alkitab tentang nubuat Muhammad.. mungkin anda perlu membaca dead sea scroll..
    gulungan tua yg berumur lebih dari 2000 tahun..

    dan teks itu sekarang sudah dicantumkan dalam teks alkitab ibrani indonesia.. dan dalam kurun waktu lebih dari 2000 tahun tidak ditemukan perbedaannya dengan teks yg ada sekarang.. lalu bagaimana anda menanggapinya..

    1 lg penyaliban dan kematian yesus selalu disangkal, namun teks sejarah yg di tulis oleh sejarahwan muslim dan non muslim mengakui penyaliban itu dan mencatatnya, dan di akui dunia sebagai peristiwa terbesar sejarah, namun dari golongan iman tertentu selalu mencoba menyangkalnya.. renungkan manakah yg sejarah dan mana yg dongeng..

    semoga menjadi perenungan

    BalasHapus
  21. Semoga orang kafir makin tersesat dgn angan2 kosong mereka...

    BalasHapus