Minggu, 09 Agustus 2009

17. KEBETULAN YANG MENARIK

Ketika saya mempelajari tentang kehidupan Yesus, salah satu pengalaman yang paling menarik bagi saya adalah saya menemukan beberapa kejadian dalam hidup Yesus yang juga dialami oleh Muhammad. Dalam bab ini Anda akan melihat bagaimana Yesus dan Muhammad menyikapi:

• Seorang perempuan yang tertangkap basah sedang berzinah
• Seorang buta yang meminta tolong
• Para pengikut yang meninggalkan mereka ketika dalam masalah
• Orang-orang lapar di padang gurun


PEREMPUAN BERZINAH DIHAKIMI
Muhammad
“Seorang perempuan datang kepada Muhammad dan berkata, “Aku telah berzinah, jadi sucikanlah aku.” [Ia ingin Muhammad menghukumnya agar Allah mengampuni dosa-dosanya dan mengijinkannya masuk Surga.] Muhammad menjawabnya, “Pergilah sampai engkau melahirkan seorang anak.”
Setelah ia melahirkan anak, ia kembali kepadanya bersama-sama dengan anaknya, dan berkata, “Ini adalah anak yang telah aku lahirkan.” Muhammad menjawabnya, “Pergilah dan rawatlah dia sampai engkau menyapihnya.”
Setelah perempuan itu menyapihnya, ia datang kepada Muhammad dengan anaknya yang sedang memegang sepotong roti di tangannya [Anak itu mungkin berusia sekitar dua tahun karena itu adalah lama waktu yang diperintahkan Al Quran untuk menyusui]. Perempuan itu berkata, “Wahai Rasul Allah, inilah anak itu. Aku telah menyusuinya dan ia sedang makan.”
Lalu Muhammad memberikan anak itu kepada salah seorang umat Islam dan ia memerintahkan hukuman kepada perempuan itu. Kemudian ia dikubur di dalam selokan sampai sebatas dada, lalu orang-orang melemparinya dengan batu.”

Cerita ini sangat sering digunakan dalam khotbah agama Islam sebagai contoh kemurahan hati Muhammad!

Yesus
“Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah. Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?" Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Ia pun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya. 10 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."”
--- Yohanes 8:3-11 ---


ORANG BUTA MEMINTA PERTOLONGAN
Muhammad
Salah seorang kepala suku terhormat di Mekah datang kepada salah seorang anggota Muhammad, dan Muhammad sangat ingin membujuknya untuk masuk Islam. Pada saat itu, seorang buta datang mendekati Muihammad dan sangat ingin memperoleh penjelasan mengenai beberapa hal tentang Islam. Tetapi Muhammad tidak menyukai gangguan itu dan ia mengabaikannya.
Setelah peristiwa itu, Muhammad mengatakan bahwa Allah memarahinya karena tindakannya terhadap orang buta tersebut. (Surat 80:1-15)

“Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling karena telah datang seorang buta kepadanya. Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa) atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya?”
--- Surat 80:1-4 ---

Hal yang perlu dilihat disini adalah Muhammad mengabaikan orang buta itu dan bukan menolongnya seperti yang ia minta.

Yesus
“Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang buta yang duduk di pinggir jalan dan mengemis. Waktu orang itu mendengar orang banyak lewat, ia bertanya: "Apa itu?" Kata orang kepadanya: "Yesus orang Nazaret lewat." Lalu ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Maka mereka, yang berjalan di depan, menegor dia supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" Lalu Yesus berhenti dan menyuruh membawa orang itu kepada-Nya. Dan ketika ia telah berada di dekat-Nya, Yesus bertanya kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang itu: "Tuhan, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus kepadanya: "Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Tuhan. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Tuhan.”
--- Lukas 18:35-43 ---

Orang buta itu mengetahui bahwa Yesus telah menyembuhkan banyak orang karena itu ia ingin meminta pertolongan kepadanya. Yesus memberikan apa yang ia minta.


PARA PENGIKUT LARI PADA SAAT ADA MASALAH

Muhammad
Setelah Muhammad menaklukkan Mekah, beberapa orang Arab yang bebas berkumpul bersama dan berupaya untuk mengalahkannya. Memimpin di atas keledai putihnya, Muhammad berjalan memerangi mereka dengan dua belas ribu orang pasukan. Tetapi pihak musuh secara mengejutkan berhasil mengalahkan mereka ketika hari masih sangat pagi, hingga pasukan Muhammad tercerai-berai dan lari ketakutan. Muhammad menarik diri ke sebelah kanan dan berteriak, “Hendak kemanakah kalian? Datanglah kepadaku. Aku adalah Rasul Allah. Akulah Muhammad anak Abdullah.” Beberapa orang tetap bersamanya, tetapi sebagian besar lainnya melarikan diri. Muhammad memanggil seseorang yang memiliki “suara keras” untuk berdiri dan memanggil orang-orang itu. Seratus orang pejuang akhirnya berperang bersama Muhammad. Dan pada akhirnya pasukan umat Islam yang besar itu berhasil mengalahkan musuh mereka hari itu. Perang ini dikenal sebagai Perang Hunayn.”
Intinya adalah bahwa Muhammad memerintahkan agar murid-muridnya melindunginya.

Yesus
“Waktu Yesus masih berbicara datanglah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan besar orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi.... Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Hai teman, untuk itukah engkau datang?" Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya. Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunus pedangnya dan menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya. Maka kata Yesus kepadanya: "Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang. Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku? Jika begitu, bagaimanakah akan digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci, yang mengatakan, bahwa harus terjadi demikian?" .... Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi." Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.”
--- Matius 26:47, 50-54, 56 ---

Intinya, Yesus tidak membiarkan murid-muridnya berperang untuknya dan ia tidak memanggil mereka kembali ketika mereka melarikan diri.

KELAPARAN DI PADANG GURUN
Muhammad
Orang-orang Mekah pernah menandatangani perjanjian untuk memboikot Muhammad, keluarganya dan umat Islam, serta menolak menjual makanan kepada mereka. Hal ini berlangsung selama dua atau tiga tahun. Akhirnya Muhammad dan seluruh umat Islam pergi meninggalkan kota itu dan hidup di padang gurun di sebelah kota itu. Mereka putus asa. Sejarah Islam mengatakan bahwa orang-orang Muhammad menjadi sangat lapar sehingga mereka memakan kotoran binatang dan daun-daun pepohonan. Tahun ini dikenal sebagai Tahun Kelaparan.
Mereka bertahan hidup dengan adanya bantuan dari beberapa orang simpatisan dan teman-teman yang membelikan mereka makanan. Setelah beberapa saat, pemimpin Mekah memutuskan untuk menghentikan boikot tersebut. Muhammad tidak dapat secara supranatural menyediakan makanan bagi para pengikutnya pada saat itu.

Yesus
Yesus juga pernah diperhadapkan dengan para pengikutnya yang lapar. Sekitar lima ribu orang laki-laki mengikuti Yesus ke desa untuk mendengarkan ajarannya. Mereka mengikutinya begitu lama sehingga mereka menghabiskan makanan mereka, dan akhirnya menjadi lapar. Seorang anak laki-laki memberikan dua ekor ikan dan lima potong roti kepada Yesus. Ia berdoa atas makanan itu dan meminta murid-muridnya membagikannya. Makanan itu pun cukup untuk semua orang (Lihat Yohanes 6:1-14)

KESIMPULAN
Kemiripan peristiwa di atas memberikan cara lain untuk melihat perbedaan antara Yesus dan Muhammad. Pada bab selanjutnya, saya akan menunjukkan beberapa ajaran yang serupa. Dengan kata lain, Anda dapat membandingkan perkataan Yesus dan Muhammad secara langsung terhadap topik-topik tertentu seperti menghakimi orang lain, membalas dendam, mengampuni dan lain-lain.

25 komentar:

  1. Kalau menceritakan sesuatu, apalagi peristiwa sejarah
    sebutkan sumbernya

    Jangankan peristiwa ribuan tahun lalu
    G 30 S saja banyak sekali versi nya

    Dari mana anda mendapatkan cerita cerita tentang nabi Muhammad SAW ?

    Kami umat Islam, tidak asal ambil sembarang cerita
    harus dari sumber2 terpercaya, pelajari ilmu hadist, pelajari sanad.
    tanpa sanad, sembarang orang bisa bicara apa saja.

    Mengenai nabi Muhammad SAW bermuka masam
    ingat Beliau bermuka masam kepada orang buta
    Orang buta tidak melihat beliau bermuka masam !

    Dan sejauh yang saya tahu (maaf saya tdk bisa sebutkan sumbernya)
    Beliau saat itu sedang berdakwah kepada tokoh tokoh Arab
    tiba tiba saja orang buta ini menyela dakwah beliau

    Soal Yesus dan Seorang perempuan yang tertangkap basah sedang berzinah, menurut pakar kristen Professor Bart D. Ehrman adalah cerita tambahan, tidak terdapat dalam injil2 terdahulu. Jadi ini karangan. Tidak benar benar terjadi.
    cari saja di internet soal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut pakar yang notabene manusia kan, yang masih banyak salah dan khilaf...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Pemahaman saya ada masalh atau pemahaman kau ada masalah,satahu saya yang cakap Muhammad bermasam muka tu teguran oleh Tuhan..Cerita peremluan berzina tu wujud dlm bible,bacala bible jn ckp bkn2

      Hapus
  2. Hah??? Nabi Muhammad memakan kotoran binatang??? Ngarang cerita dari mana???
    Daging Babi aja Orang Islam ga makan...apalagi kotoran??
    Pikir donk pake otak!!

    BalasHapus
  3. Saya suka ajaran cinta kasih Yesus, dan saya yakin Yesus akan memaafkan saya jika saya tidak mengakuinya sbg Allah. Saya berharap beliau memaklumi kekurangan saya sebagai manusia yg tidak pandai berpikir. Ajaran beliaulah yg akan membuat saya menjadi manusia yg lebih baik. Saya menyembah Allah Bapa yang satu dan Kekal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samala kita,saya percaya pada Yesus tetapi sebagai anak allah bukan allah,Im proud to be Christian

      Hapus
  4. Aneh koq ada yang gak tau sumbernya :
    QS 80:1. Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling
    QS 80:22. karena telah datang seorang buta kepadanya

    injil2 terdahulu mana yang gak ada tentang perempuan yang dirajam.

    daging babi diharamkan karena setan takut sama babi dan anjing. Tetapi kejahatan dihalalkan seperti membunuh sesama manusia, merampok, memperkosa


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau setan takut sama anjing Anubis tu apa la konon?Tuhan?Dewa?

      Hapus
    2. Kalau setan takut sama anjing Anubis tu apa la konon?Tuhan?Dewa?

      Hapus
  5. ajaran yesus:
    Jangan makan babi.
    Tutup aurat bagi wanita.
    berkhatan.
    jgn mabuk dgn khamar.
    Cuba diperiksa kitab kamu.
    siapa yg ikut yesus? islam atau kristien?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda punya bukti dari ucapan diatas? Ayat yang mana?

      Hapus
    2. jangan makan binatang ini itu ada puluhan binatang yang dilarang Tuhan dialkitab, bukan cuma babi. tutup aurat wanita dan pria. khatan bukti janji abraham sama Tuhan. iya pasti Tuhan ngelarang minum alkohol. Kristen itu sebutan untuk pengikut Yesus KRISTUS (Kristus = Penyelamat). Bahan ajaran islam itu campuran ajaran Yahudi, Kristen, dan Al-Ilah (Dewa Bulan yang sekarang disebut Allah/Auloh), lambang Bulan masih ada sampe skrg dimasjid".

      Hapus
    3. HAHAHAHHAHA ngakak lambang bulan di masjid dituduh nasrani adalah Allah....
      hahahahah...ulasan ngawur darimana bro???

      Hapus
  6. Aku pilih ikut Yesus, ikut dibaptis juga berdoa bapa kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan yg bijak dan wajar,semoga hidup kau diberkati Tuhan.

      Hapus
    2. Pilihan yg bijak dan wajar,semoga hidup kau diberkati Tuhan.

      Hapus
  7. Untuk sekedar meluruskan,1. Memang benar hukuman zina qadalah rajam.tetapi mengenai rasulullah merajam wanita yg membawa bayi,itu tidak benar.HR Imran 1240 adl referensinya.intinya ada seorang ibu hamil yg mengaku berzina.rasulullah menangguhkan hukumannya sampai bayinya lahir.begitu lahir,rasulullah membawa bayinya dan shalat disampingnya.ketika sahabat rasul bertanya,rasulullah berkata bahwa perempuan itu sudah bertaubat dan taubatnya bisa mewakili seluruh umat dikota itu.dan perempuan itu tidak dirajam.
    2.mengenai surat abasa yg anda maksud.Rasulullah sebenarnya tidak bermuka masam,hanya saja waktu itu Rasulullah sedang berbicara dengan org lain sehingga tidak memperhatikan org buta trsebut.tetapi,turunlah surat ini untuk mengingatkan kami para umat muslim untuk menaruh perhatian kpd sesama,apalagi org dgn keterbatasan.rasulullah sendiri lgsg merasa tidak enak dan mengundang org buta tsb datang kerumahnya dan menjamunya.surat ini juga bukti bahwa al quran murni dari Allah.karena jika ini karangan nabi muhammad?untuk apa dia memasukkan surat yg bisa menjelekkan dirinya?ini juga bukti bahwa rasulullah adalah rasul Allah.manusia biasa yg kdg juga ditegur oleh Allah.

    BalasHapus
  8. 3.soal pasukan yg kabur,bisakah anda erikan referensi haditsnya agar jelas semuanya.karena saya belum pernah mendengar tentang ini.malah,anda tahu perang badar?pasukan rasulullah yg hanya berkisar ratusan melawan pasukan musuh yg berpuluh kali lipat jumlahnya.dan mereka tetap berperang dengan gagah berani.mungkin saja film hollywood 300 pasukan sparta melawan persia terinspirasi dari kisah rasulullah.wallahu'alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4.mengenai makan kotoran.bisakah anda berikan referensinya?karena yg saya temukan adalah hadis abu hurairah yg meriwayatkan keadaan rasulullah saat perang tabuk.saat itu persediaan makanan sudah menipis.Rasulullah membentangkan kain dan meminta pasukannya mengumpulkan sisa sisa makanan diatasnya.lalu rasulullah berdoa Allah dan disinilah mukjizat bagi rasulullah.makanan yg tersisa bertambah berkali lipat menjadi banyak dan mereka tidak lGi kelaparN.

      Hapus
  9. Sebetulnya kami umat muslim mengimani jesus atau Isa a.s. kami mengimani beliau sebagai salah satu rasul besar kami. Ulul azmi namanya. Diantaranya ada muhammad saw,isa as,ibrahim as,musa as,nuh as. Kami tidak diperkenankan menjelekkan jesus atau isa a.s dan kami sangat menghormatinya. Bukan sebaGai Tuhan tapi sebagI salH satu rasul besar Allah yg berat tugasnya. Saya senang dgn adanya blog ini karena saya jadi banyak membaca lg alquran dan pelajari hadits lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jesus ya jesus, isa ya isa, jgn kalian paksakan isa itu jesus, krn malaikat menyuruh yusuf dan maria utk menamainya jesus , bukan isa

      Hapus
    2. apa bedanya??

      - lahir dari ibu yang sama maryam/maria
      - lokasi lahirnya sama

      cuma yg membedakan kalian (nasrani) yang menggemparkan jagat raya beserta isinya dgn menjadikan yesus sbg Tuhan

      Hapus
  10. Menarik sekali ulasannya, terima kasih. :)

    BalasHapus
  11. fundamentalisme Islam Yahudi dan Nasrani ...

    BalasHapus